1 Juni 2017 Bunga Kartu Kredit Resmi Turun, Lapor BI Jika Belum Turun

Terhitung sejak kemarin tanggal 1 Juni 2017, peraturan pemerintah mengenai bunga kartu kredit sebesar 2,25% per bulan resmi berlaku. Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2017, bunga kartu kredit dari yang sebelumnya 2,95% per bulan atau setara dengan 35,4% per tahun turun menjadi 2,25% per bulan atau maksimal 26,95 per tahun.

Lalu bagaimana dampak dari penurunan bunga kartu kredit tersebut?

Dari adanya penurunan bunga kartu kredit tersebut, Santoso Liem selaku Direktur BCA memperkirakan bahwa akibat dari penurunan bunga kartu kredit adalah penurunan pendapatan bank dari lini bisnis kartu kredit sebesar 200 miliar hingga 300 miliar. Angka tersebut setara dengan 8,3% dari total pendapatan BCA dari kartu kredit BCA yang mencapai 3,6 triliun.

Ia juga menambahkan bahwa penurunan pendapatan tersebut akan berlangsung selama 7 bulan. Adapun Bank Mandiri melalui Direktur Retailnya, Tardi, memperkirakan bahwa penurunan pendapatan dari kartu kredit Mandiri adalah sebesar 10%. Lani Darmawan yang merupakan Direktur Perbankan Konsumer Bank CIMB Niaga melihat bahwa penurunan pendapatan dari kartu kredit CIMB Niaga akan melampaui angka 100 miliar rupiah.

Bank BNI memperkirakan nilai penurunan pendapatan bunga kartu kredit BNI yang cukup besar yakni di kisaran 20% hingga 25%. Maka dari itu, Bank BNI telah mempersiapkan beberapa strategi untuk menggenjot transaksi demi meningkatkan fee based income.

Strategi yang sama juga dituturkan oleh Santoso untuk Bank BCA, dan Tardi untuk Bank Mandiri, keduanya memikirkan strategi untk menggenjot transaksi demi meningkatkan fee based income. Perbankan kini akan semakin mendorong nasabah untuk bertransaksi menggunakan kartu kreditnya, salah satu yang menarik adalah menggelar berbagai promosi kartu kredit berupa diskon kartu kredit maupun cashback kartu kredit.

Bisnis e-commerce merupakan bisnis yang disasar para pemain bisnis kartu kredit. Pasalnya e-commerce merupakan faktor dari besarnya pendapatan kartu kredit. Terlebih dengan kemudahan dalam berbelanja online, maka semakin besar bisnis kartu kredit bisa berkembang.

Apa Manfaat dari penurunan bunga kartu kredit?

Adapun penurunan bunga kartu kredit ini akan bermanfaat bagi para nasabah, pasalnya cicilan tidak akan terlalu memberatkan bila dibandingkan dengan bunga kartu kredit 2,95%. Selain itu, pembayaran minimum yang biasanya dikenai bunga 2,95% juga akan menjadi lebih ringan bila bunga diturunkan ke 2,25%.

Bagaimana bila ada perbankan yang belum turun bunga kartu kreditnya?

Oleh karena penurunan bunga kartu kredit merupakan instruksi resmi dari Bank Indonesia selaku bank sentral, maka  bila nasabah kartu kredit masih menemukan ada perbankan yang belum menurunkan bunga kartu kredit ke poin 2,25%, maka Gubernur BI Agus Martowardojo menghimbau masyarakat untuk melaporkannya ke BI dengan menggunakan layanan Call Center BICARA di nomor 131.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.