2020 Bayar Tol Bisa Pakai Kartu Kredit dan Debit

Saat ini pemerintah melalui Bank Indonesia tengah menyiapkan sistem pembayaran baru bagi tol. Di tahun 2020 nanti, rencananya pembayaran tol akan bisa menerima kartu kredit dan kartu debit. Bahkan lebih canggih lagi, nantinya kendaraan bisa tinggal lewat palang pintu melalui teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF).

Apa yang dimaksud dengan Teknologi Multi Lane Free Flow?

Teknologi Multi Lane Free Flow merupakan sistem pembayaran tol tanpa perlu tapping kartu ke mesin. Sistem pembayaran ini mengadopsi teknologi server-based. Bila tapping kartu merupakan sistem chip-based, maka sistem server-based bisa membuat mesin mengakses rekening langsung.

Oleh karena server-based, maka kendaraan tidak perlu berhenti lama agar si sopir bisa melakukan tapping kartu ke mesin untuk membuka palang pintu.

Bila sistem ini sukses diberlakukan, bukan tidak mungkin tol-tol di Indonesia akan seperti di Jepang dimana mobil hanya perlu berjalan di kecepatan rendah ketika di palang pintu, tidak berhenti, nyaris berhenti saja, kemudian mesin membaca kendaraan dan pembayaran yang dilakukan layaknya tak kasat mata. Secara ajaib, palang pintu terbuka tanpa si supir harus tapping kartu e-toll.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko mengatakan bahwa saat ini pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah dalam pembahasan bersama Badan Usaha Jalan Tol untuk menentukan teknologi yang cocok untuk diterapkan dalam MLFF.

Menurut pemberitaan, ada dua teknologi yang menjadi kandidat terkuat agar MLFF bisa diterapkan. Pertama adalah RFID (Radio Frequency Identification) dan GNSS (Global Navigation Satelite System).

Dari dua kandidat tersebut, akan dipertimbangkan dari segi kehandalan dalam memproses transaksi hingga besar biaya investasi pada penggunaan teknologi. Semakin kecil tingkat kegagalan, maka semakin besar peluang untuk dipilih.

Nantinya, MLFF akan memudahkan kendaraan untuk melewati palang pintu tol. Bagi yang ketika akan lewat tol saldo habis, maka MLFF ini yang akan menggantikan. Oleh karena menggunakan server-based yang terhubung dengan rekening kartu kredit mau kartu debit, maka saldo dalam rekening tersebut yang akan terpotong, sehingga kendaraan bisa lewat terus.

Saat ini pembayaran di pintu tol memang masih menggunakan metode chip-based yakni uang elektronik berbasis kartu seperti e-money Mandiri, Flazz dari BCA, Brizzi dari BRI, dan Tap Cash dari BNI.

Loading...
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.