3 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Kartu Kredit Anda Kebobolan

Punya kartu kredit? Merasa sudah benar memperlakukan kartu kredit anda? Hmm, sebaiknya periksa lagi apakah anda masih melakukan 3 hal sepele di bawah ini yang bisa membuat kartu kredit kebobolan. Yuk langsung saja kita lihat apa saja 3 hal itu:

1. Memotret/menampilkan fisik kartu kredit di sosial media

Di zaman sosial media ada banyak sekali, membuat seseorang cenderung untuk men-share/membagikan segala aktivitas maupun segala benda yang ia punya, termasuk kartu kredit.

Padahal, di wujud fisik kartu kredit tertera informasi penting yang tidak seharusnya orang lain tahu. Di bagian depan misalnya, ada 16 digit nomor serial unik yang tidak boleh dibuka ke khalayak umum.

Bila anda tanpa sengaja atau tanpa sadar memotret lalu membaginya di sosial media, maka bisa saja hacker atau orang-orang tidak bertanggung jawab menggunakannya untuk kepentingan buruk. Ujung-ujungnya bisa membuat kartu kredit kebobolan deh.

2. Belanja online melalui Smartphone

Perlu diingat bahwa sebanyak 60% pengguna kartu kredit lebih suka belanja online melalui smartphone. Memang, teknologi dan interface yang semakin menarik dan mudah, membuat belanja melalui smartphone lebih menyenangkan.

Namun, terkadang kita lupa bahwa smartphone tidak dilengkapi dengan antivirus yang mumpuni sehingga keamanan kurang terjaga. Apalagi bila sudah telanjur masuk ke situs online shop tipu-tipu dimana malware akan langsung diunggah ke perangkat manakala situs tersebut dikunjungi. Alhasil malware ini bisa membuat kartu kredit kebobolan juga!

Nah, hati-hati untuk tidak masuk ke situs abal-abal ya sobat, jangan pula mengunduh aplikasi belanja online yang tidak terjamin keamanannya. Usahakan untuk selalu berbelanja online di situs yang memang sudah kredibel di masyarakat.

3. Membuka layanan online banking melalui wifi publik

Mengapa kita sebaiknya tidak membuka halaman online banking menggunakan wifi publik? Jawabannya karena ada pihak ketiga yang akan bisa mengakses data-data pribadi bila kita menggunakan wifi publik. Jika tidak ingin kartu kredit kebobolan, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Baca juga: Waspadai 3 Modus Penipuan Kartu Kredit

Bayangkan kalau halaman yang anda buka melalui wifi publik adalah halaman online banking, duh sebaiknya dihindari saja. Demi keamanan, untuk membukat halaman online banking pakai saja sambungan data pribadi dimana hanya perangkat kita saja yang terlibat.

Wifi publik bisa menjadi jembatan bagi hacker untuk memperoleh informasi pribadi anda loh jadi hati-hati ya. Tapi jangan takut, soal keamanan yang mungkin timbul, bank telah mengantisipasi semua dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.