4 Negara dengan Pengguna Kartu Kredit Terbanyak di Dunia

Kartu kredit telah menjadi bagian dari gaya hidup modern masyarakat dunia. Di Indonesia, kartu kredit pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1980-an oleh Bank Duta. Bank Duta bekerja sama dengan Visa dan MasterCard untuk menerbitkan kartu kredit, yang diperuntukkan hanya kepada kalangan pengusaha, orang kaya, dan pejabat-pejabat yang sering melancong ke luar negeri.

Kini, kartu kredit tak hanya digunakan oleh kalangan tertentu, tapi kini menyasar hampir ke berbagai lapisan masyarakat. Fokus penggunaan juga diperluas, jika dulu hanya berfokus pada kebutuhan orang-orang yang sering melancong ke luar negeri, maka sekarang fungsi kartu kredit diperluas untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Lalu bagaimanakah dengan pengguna kartu kredit di luar negeri? Apakah sama dengan yang terjadi di Indonesia?

Kartu kredit di luar negeri, telah jauh lebih lama dikenal sebelum di Indonesia. Di luar negeri, orang-orang telah biasa menggunakan kartu kredit untuk transaksi. Bahkan, kartu kredit telah menjadi budaya dalam sistem pembayaran mereka. Di bawah ini adalah negara-negara dengan penggunaan kartu kredit terbanyak di dunia.

  1. Korea Selatan

Korea Selatan, sebuah negara yang sukses mengembangkan K-Pop nya hingga ke seluruh dunia. Kesuksesan K-Pop membawa Korea Selatan menjadi kiblat baru produk-produk mode dan fashion ternama.

Dilihat dari segi e-commerce, Korea Selatan adalah pasar yang menjanjikan untuk retailer produk secara online. Penduduk di Korea Selatan juga memiliki semangat tinggi untuk berbelanja barang secara online, dikarenakan akses internet yang berkecepatan tinggi serta akses ke kartu kredit dengan mudah.

Korea Selatan adalah negara dengan ekonomi terbesar ke-4 di Asia, di belakang China, Jepang dan India. Rata-rata orang Korea Selatan memiliki 5 kartu kredit, lebih tinggi dibandingkan orang Amerika yang rata-rata hanya memiliki dua kartu.

Korea Selatan juga memiliki tingkat penetrasi kartu kredit tertinggi di dunia. Nasabah kartu kredit di Korea Selatan sering menggunakan kartu kreditnya. Sekitar 129.7 transaksi tercatat menggunakan kartu kredit tiap tahunnya, lebih tinggi dibanding dengan Amerika yang hanya 77.9 transaksi kartu kredit per tahunnya.

  1. United States of America

United States adalah negara di mana kartu kredit lahir, rumah bagi 2 jaringan kartu kredit terbesar di dunia, Visa dan MasterCard. Tak ayal, jika kartu kredit adalah hal yang biasa di Amerika. Di tahun 2009, 156 juta penduduk di US memiliki kartu kredit, yang artinya separuh populasi di Amerika memiliki kartu kredit.

Di tahun yang sama, volume total pembelian melalui kartu kredit di US mencapai 1.94 milyar dollar. Frekuensi penggunaan kartu kredit di US tercatat untuk pembayaran baik kecil maupun besar.

3. China

Ekonomi China bertumbuh dengan pesatnya selama beberapa tahun terakhir, dan begitu juga dengan kartu kreditnya. Di tahun 2011, penduduk di China menyisihkan sekitar 297 dollar untuk membayar tagihan kartu kredit mereka. Memang terlihat tidak besar, tapi angka tersebut meningkat sebanyak 67.7% dari tahun 2005. Menariknya, penduduk China menggunakan kartu kreditnya untuk membeli produk spesifik, pembelian besar seperti elektronik dan peralatan.

4. Brazil

Brazil adalah negara berkembang, yang secara signifikan meningkat jumlah penggunaan kartu kreditnya. Selama 5 tahun terakhir, nasabah kartu kredit meningkat di negara ini. Rata-rata orang Brazil sekarang menggunakan sekitar 20% dari penghasilan bulanan mereka, untuk pembayaran tagihan kartu kredit. Seperti banyak orang Amerika lain, orang Brazil mulai memiliki tagihan bulanan di kartu kredit mereka. Banyaknya jumlah kartu kredit di Brazil menimbulkan kekhawatiran para ekonomis bahwa kartu kredit terlalu mudah didapatkan di Brazil.

Meskipun belum termasuk dalam daftar di atas, tapi pengguna kartu kredit di Indonesia terus meningkat. Nah, jika Anda belum memiliki kartu kredit, tapi ingin memiliki, jangan lupa baca 5 HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM MENGAJUKAN APLIKASI KARTU KREDIT PERTAMA.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.