4 Tips untuk Bebas dari Hutang Kartu Kredit

Kartu kredit memang tidak luput dari stigma ‘kartu ngutang’. Tapi, meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa berhutang dengan mengabaikan kewajiban yang harus Anda penuhi setelahnya.

Kadangkala, karena terlalu nyamannya menggunakan kartu kredit, si pemegang kartu lupa bahwa ada tagihan kredit yang harus dia bayar di akhir bulan, akhirnya jatuhlah dia pada jurang hutang kartu kredit.

Lalu, adakah cara supaya kita terbebas dari hutang kartu kredit?

Tentu ada! Hutang kartu kredit, tidak akan mencekik Anda jika sebagai pemegang kartu kredit, Anda taat pada aturan-aturan yang diberlakukan.

Di bawah ini adalah beberapa tips supaya para pemegang kartu dapat terbebas dari hutang kartu kredit:

  1. Limit Anda adalah hutang Anda

Jika kartu kredit Anda memiliki limit 4 juta per bulannya, maka sebesar itulah jumlah hutang yang mungkin Anda buat tiap bulannya.

Akan tetapi, kartu kredit sebaiknya tidak Anda habiskan limitnya, standar pemakaian adalah 70% dari limit. Artinya, jika limit 4 juta maka, pemakaian untuk kartu kredit menjadi 70% x 4.000.000 = 2.800.000. Sehingga 2,8 juta adalah nominal yang harus Anda keluarkan per bulannya untuk kebutuhan kartu kredit.

  1. Bayar tagihan hingga lunas.

Dalam kartu kredit, terdapat istilah minimum payment dan full payment. Minimum payment adalah jumlah minimum tagihan yang harus Anda setor ke bank, umumnya sekitar 10% dari total tagihan.

Memang, terkesan meringankan pemegang kartu, tetapi minimum payment hanya akan membuat beban hutang Anda semakin berat karena menumpuk.

Jadi, lebih baik Anda membayar tagihan dengan full payment, atau pembayaran secara penuh. Sehingga, tiap bulannya Anda bisa merasa tenang karena hutang kartu kredit terlunasi.

  1. Jangan lupakan jatuh tempo

Selain kewajiban membayar tagihan, hal lain yang tak kalah penting dalam kartu kredit adalah tanggal jatuh tempo. Umumnya, ada rentang ketika billing diterima, hingga batas maksimum tagihan harus dibayar. So, usahakan jangan telat ya, karena jika lewat sehari saja, Anda akan dikenakan bunga sebesar 2,95% dihitung dari total transaksi Anda selama sebulan.

  1. Manfaatkan program promo, diskon, dan reward points.

Satu hal yang menguntungkan dari kartu kredit, adalah banyaknya program-program promo diskon maupun reward points. Semakin sering menggunakan kartu kredit, semakin banyak poin reward yang bisa dikumpulkan. Poin reward bisa ditukar dengan berbagai macam hal seperti tiket pesawat, voucher belanja, maupun merchandise/item menarik dari merchant yang bekerja sama.

Sementara itu, program diskon tentu akan menghemat pengeluaran yang seharusnya Anda keluarkan untuk transaksi normal.

Nah, itulah 4 tips yang bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit Anda sehingga Anda bisa terbebas dari hutang. Ingat ya, kartu kredit bukan untuk sarana berhedon ria, jadi gunakan sebagaimana mestinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.