Tiga Hari Kemarin Tak Bisa Akses ATM? Ini Sebabnya

Apakah tiga hari kemarin anda sempat kebingungan karena menemukan ATM offline? Tenang, karena ternyata ribuan ATM dari berbagai bank memang offline dan tidak bisa beroperasi total akibat adanya gangguan satelit milik Telkom.

Agusman, selaku Direktur Eksekutif, Departemen Komunikasi Bank Indonesia dalam siara pers mengatakan bahwa terhitung sejak hari Jumat sore tanggal 25 Agustus 2017, ada gangguan pada satelit Telkom-1, sehingga mengakibatkan gangguan layanan (offline) pada ATM-ATM milik beberapa bank. Bank tersebut bersama Telkom sedang berupaya untuk pemulihan dengan cara mengalihkan koneksi dari satelit yang mengalami gangguan tersebut, ke satelit Telkom 3S maupun ke satelit lainnya.

Baca juga: Bank DKI Terbitkan Kartu Kredit Co-Branding dengan Bank BNI

Adapun beberapa bank yang ATM nya mengalami gangguan offline yakni Bank Mandiri dengan jumlah ATM yang offline mencapai 2000 ATM, kemudian ATM Bank BNI dengan jumlah ATM offline mencapai 1500, beberapa ATM bank lain yakni ATM Bank BRI, ATM Bank BCA, ATM Bank BTN, dsb. Secara total, ada kurang lebih 8800 ATM yang terdampak gangguan offline.

Misalnya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, ATM yang offline mencapai 2.000 ATM dari total 17.695 ATM yang dimilikinya. Walaupun sudah berkurang, seiring dengan langkah pengalihan jaringan. Selanjutnya ATM PT BNI (Persero) Tbk dengan 1500 unit offline dari total 16.000 ATM yang mereka miliki. Begitu juga dengan beberapa bank lain seperti PT Bank BRI Tbk dengan gangguan offline 200 ATM dari 20.000 ATM yang dimiliki, PT Bank Central Asia Tbk sebanyak 5000 ATM, PT Bank Tabungan Negara Tbk serta perbankan lainnya.

Bank BRI merupakan bank dengan jumlah terdampak offline paling kecil karena BRI sudah memiliki satelit sendiri yakni BRISat. Selanjutnya, Bank Indonesia selaku pemegang otoritas sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, mendukung perbankan dalam hal pelayanan transfer dana masyarakat. Maka dari itu, beliau memastikan sistem BI RTGS (Bank Indonesia Real Time Gross Settlement), SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia, dan BI-SSSS (Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System) dapat tetap berjalan dengan normal.

Baca juga: Curi Kartu Kredit, Wanita Ini Kuras Limit Kartu Kredit Hingga Belasan Juta

Demi ketersediaan uang tunai, maka Bank Indonesia mendukung ketersediaan uang tunai di Perbankan, sementara perkembangan pemulihan gangguan satelit tersebut terus dipantau, serta terus berkomunikasi dengan perbankan dan beberapa lembaga terkait.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.