Apa Itu Balance Transfer Kartu Kredit?

Jika Anda telah familiar dengan kartu kredit, mungkin Anda akan paham dengan berbagai istilah yang terdapat dalam kartu kredit. Salah satu istilah yang terdapat dalam kartu kredit, tetapi belum banyak diketahui khalayak adalah istilah balance transfer kartu kredit. Nah, apakah Anda telah mengetahui apa itu balance transfer kartu kredit?

Apabila Anda pernah memiliki masalah dengan hutang kartu kredit, atau lebih buruk lagi, hutang dari beberapa kartu kredit yang Anda miliki, maka balance transfer kartu kredit bisa Anda jadikan pilihan solusi untuk melunasi hutang kartu kredit Anda.

Balance transfer kartu kredit adalah pemindahan saldo hutang dari satu atau beberapa kartu kredit ke kartu kredit lainnya. Pemindahan ini bahkan bisa dilakukan antar bank, artinya saldo hutang dari kartu kredt bank A, B, dan C, bisa Anda pindahkan ke satu kartu kredit dari bank D, tentunya dengan suku bunga kredit yang lebih rendah.

Baca juga: 4 Tips untuk Bebas dari Hutang Kartu Kredit

 

Setelah seluruh saldo hutang pada kartu kredit yang kita miliki dialihkan ke kartu yang baru, maka tinggal diatur cicilan pembayarannya yang bisa kita negosiasikan dengan bank yang baru. Sehingga kita bisa mendapatkan cicilan yang paling ringan. Nah, selanjutnya kita tinggal membayar cicilan hutang kartu kredit ke bank yang baru ini.

Namun, perlu diingat meskipun balance transfer kartu kredit telah dilakukan, proses perhitungan bunga pada kartu kredit sebelumnya tetap berjalan. Maka untuk mengatasi masalah bunga yang tetap berjalan ini, sebaiknya tutup kartu kredit lain dan stop penggunaannya sebelum kita berhasil melunasi hutang kredit kita.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Membantu Anda Mengontrol Kredit

Jika Anda ingin mendapatkan layanan balance transfer kartu kredit, ada persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya yaitu:

  • Fotokopi KTP/Paspor yang masih berlaku.
  • Fotokopi kartu kredit bank lain bolak-balik.
  • Fotokopi Billing Statement 1 bulan terakhir.

Nah, apa Anda memiliki hutang kartu kredit yang begitu banyak? Cobalah negosiasikan dengan bank penerbit kartu kredit Anda untuk mendapatkan layanan balance transfer kartu kredit.

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.