Ketika BUMN bergabung di LinkAja untuk Bendung Dominasi OVO dan GOPAY

Bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank-Bank Milk Negara) bersatu untuk menciptakan alat pembayaran yang lebih efisien dan diberi nama LinkAja. LinkAja merupakan aplikasi pembayaran yang berbasis scan QR Code.

LinkAja merupakan peleburan dari beberapa aplikasi pembayaran berbasis QR Code yang sudah ada sekarang ini seperti t-Cash dari Telkomsel, T-Bank milik Bank BRI, e-cash dan e-money milik Bank Mandiri, serta Yap! Dan TapCash milik Bank BNI.

Sejumlah kalangan menilai LinkAja akan menjadi penantang baru untuk OVO dan GOPAY. Sementara Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Survei dan Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo menyatakan diri tidak menjadi penantang, hanya ingin ikut meramaikan.

Gatot menambahkan, potensi pelanggan di lingkungan BUMN cukup besar sehingga mereka tergerak untuk mengambil peluang tersebut dengan menghadirkan layanan pembayaran yang lebih efisien.

Baca juga: Tarik Tunai Tanpa Kartu, Cukup Pakai Aplikasi Wokee dari Bukopin

Pihaknya juga akan segera melakukan akselerasi peralatan yang mampu menerima pembayaran QR Code dengan aplikasi LinkAja sehingga penerimaan semakin luas. Bisa di jalan tol, bandara, hingga ke ritel.

Saat ini LinkAja sedang masuk ke tahap permohonan izin dari Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia. Bila lancar, maka aplikasi LinkAja diharapkan dapat meluncur pada akhir Februari 2019 atau awal Maret 2019.

Aplikasi LinkAja nantinya akan menggantikan semua aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh BUMN sebelumnya. Nantinya promosi LinkAja akan menjadi lebih efisien karena tidak ada duplikasi.

BUMN Bersatu untuk Saingi Dominasi OVO dan GOPAY

Seperti yang telah diketahui, aplikasi pembayaran berbasis QR Code milik Group Lippo, yaitu OVO dan milik GOJEK yaitu GOPAY sudah memiliki basis pelanggan di Indonesia. Adapun kedua aplikasi tersebut memiliki basis pengguna di kisaran belasan juta.

Melihat potensi pasar yang ada, tentunya menarik apabila BUMN bersatu untuk menciptakan aplikasi serupa, akankah lebih baik daripada OVO dan GOPAY? Publik tentu menanti-nanti sinergi dari BUMN tersebut untuk menciptakan aplikasi pembayaran berbasis QR Code. Daripada memiliki banyak aplikasi, lebih baik sedikit aplikasi tapi bisa dipakai secara luas di berbagai instansi, bukan?

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.