Beri Limit Lebih Kecil ke Wanita, Apple Card diinterogasi Regulator

Apple Card diduga memberikan limit lebih kecil kepada nasabah wanita, hal ini membuat regulator finansial US membuka investigasi terhadap berita tersebut.

Co-founder Apple, Steve Wozniak sendiri bahkan menyebutkan ada kemungkinan terdapat bias pada algoritma yang digunakan untuk mengatur limit kartu kredit.

Akibat laporan ini, New York’s Department of Financial Services telah mengontak Goldman Sachs, perusahaan yang mengoperasikan Apple Card, untuk mengofirmasi masalah tersebut.

Pasalnya, bila memang benar berita yang beredar tersebut, maka sudah terjadi adanya diskriminasi. Dan bagi US, diskriminasi dalam bentuk apapun itu, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, maka telah melanggar hukum yang berlaku di New York.

Kasus bermulai dari laporan seorang pengusaha teknologi bernama David Heinemeier Hansson yang mengaku dirinya mendapatkan limit kartu kredit Apple Card hingga 20 kali lipat lebih besar dibandingkan istrinya.

Padahal, ia mengaku bahwa istrinya memiliki skor kredit yang lebih baik daripada dirinya.

Steve Wozniak sendiri juga mengalami hal serupa, padahal dirinya dan istri tidak memiliki rekening yang terpisah serta tidak memiliki asset yang terpisah. Wozniak mengaku dirinya dan istri sama-sama memiliki limit yang besar di kartu kredit AMEX, akan tetapi di kartu kredit Apple dirinya mendapat limit 10x lebih besar dari istrinya.

Di sisi lain, perbankan dan Lembaga pemberi pinjaman lain memang sudah mulai menggunakan teknologi machine-learning untuk memotong biaya dan mendorong lebih banyak pinjaman terserap di masyarakat.

Hansson yang merupakan creator dari tool programming Ruby on Rails mengatakan bahwa algoritma bisa melakukan diskriminasi, sama seperti manusia. Ketika ia mengangkat kasusnya ini, limit kartu kredit Apple Card istrinya mengalami kenaikan.

Baca juga: Apple Luncurkan Kartu Kredit Apple Card, Polos Tanpa Nomor Kartu Kredit

New York’s Department of Financial Services akan segera mengambil langkah-langkah nyata untuk menindaklanjuti kasus ini. Mereka akan segera melakukan investigasi untuk mengetahui apakah benar telah terjadi pelanggaran hukum sekaligus memastikan semua nasabah diperlakukan sama tidak peduli jenis kelamin mereka.

Goldman Sachs selaku pihak yang mengoperasikan kartu kredit Apple pun tak luput dari komentar. Pihak Goldman Sachs mengatakan kepada Bloomberg bahwa penentuan limit kredit yang mereka lakukan didasarkan pada kelayakan nasabah dan bukan pada gender, ras, usia, orientasi seksual ataupun hal lain yang melanggar hukum.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.