Hati-hati, Penonton Avengers Jadi Sasaran Scam Kartu Kredit

Demam Avenger: Endgame masih melanda dunia, keadaan ini membuat berbagai pihak ‘kecipratan’ untung. Akan tetapi, tak sedikit juga oknum-oknum jahat yang mencoba mencari untung dari booming‘nya film Avengers: Endgame ini.

Seolah memanfaatkan ’emosi’ dari para penggemar Avengers: Endgame, para pelaku scammer kartu kredit dengan lihainya berusaha menyusup untuk mendapatkan data kartu kredit. Scam kartu kredit bukanlah hal asing karena praktik kejahatan ini sudah sejak lama ada.

Kaspersky Lab yang merupakan sebuah perusahaan antivirus terkemuka, melaporkan bahwa pihaknya menemukan aksi scammer ini tengah gencar menyasar kelompok penggemar film Avengers: Endgame. Ter-khusus mereka yang ingin menonton film ini secara daring/online melalui saluran streaming dari situs-situs ilegal.

Cara Kerja Scammer: Mengajak User untuk Menonton Avengers: Endgame Secara Online

Saat ini film Avengers: Endgame masih diputar di bioskop sehingga jarang sekali ada film versi Full HD yang tersedia online untuk diunduh. Keadaan ini dimanfaatkan oleh para scammer kartu kredit untuk mendapatkan untung.

Para scammer kartu kredit ini membuat iklan untuk menarik user agar mau menonton film Avengers: Endgame secara streaming online di situs ilegal. User yang meng-klik situs tersebut akan masuk perangkap awal. User yang tidak awas selanjutnya akan masuk ke perangkap selanjutnya, yaitu meng-klik sebuah pesan yang berisi permintaan untuk membuat akun.

Baca juga: Menggunakan Kartu Kredit Orang Lain untuk Transaksi?

Membuat akun dengan username, password, serta email tidak akan dipungut biaya, sehingga proses ini mudah saja dilakukan bagi sebagian orang, padahal itu tidaklah bijaksana. Selanjutnya adalah proses validasi, proses validasi ini meminta pengguna memasukkan data-data kartu kredit, seperti nama yang tertera di kartu kredit, nomor kartu kredit, tanggal kadaluwarsa, hingga 3 digit nomor CVV di belakang kartu.

Situs ilegal tersebut menjanjikan keamanan kepada pengguna dengan menyatakan bahwa informasi yang diberikan hanya untuk memastikan bahwa pengguna berasal dari negara dimana situs tersebut mempunyai ijin/lisensi untuk memutarkan film tersebut secara streaming.

Hanya Hitungan Menit, Data Sudah dalam Genggaman Scammer

Proses di atas tidak memakan waktu lama, hanya dalam hitungan menit saja Scammer sudah bisa mendapatkan data pribadi anda dan data kartu kredit. Padahal setelahnya, tidak ada film yang diputarkan secara streaming oleh situs tersebut.

Bila data pribadi dan data kartu kredit sudah di tangan, maka kemungkinan kartu kredit dibobol orang menjadi terbuka lebar. Maka dari itu, bila anda adalah pengguna kartu kredit, anda diimbau untuk selalu ekstra hati-hati bila ingin meng-klik link-link tertentu yang tidak jelas keamanan atau lisensi-nya.

Baca juga: Jika Kartu Kredit Anda Hilang, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

Situs web bisa dibuat sedemikian rupa agar meyakinkan bahwa situs tersebut bagus. Siapapun bisa membuatnya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah apa mungkin pihak Avengers: Endgame betul-betul memberikan lisensi untuk menayangkan film secara streaming? Ini yang harus dipikirkan baik-baik karena logikanya mereka tidak akan memberikan lisensi menonton secara streaming manakala filmnya saja masih diputar di bioskop.

 

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.