Bank BJB dan BNI Kolaborasi Terbitkan Kartu Kredit Pemerintah

Wacana pemerintah untuk menggunakan kartu kredit di satker/lembaga terus direalisasikan. Kali ini, Bank BJB (Bank Jabar) menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk menerbitkan Kartu Kredit Pemerintah (KKP). Kartu Kredit Pemerintah yang mereka terbitkan nantinya khusus untuk satuan kerja lembaga daerah yang menjadi nasabahnya.

Direktur Konsumer dan Ritel BJB, Suartini berkesempatan menandatangani MoU Jasa Layanan Perbankan bersama dengan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Adi Sulistyowati. Adapun Perjanjian Kerja Sama Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah ditandatangani oleh Pemimpin Divisi Transaction & International Banking BJB, Neneng Haryati dan Pimpinan Divisi Bisnis Kartu Kredit BNI Okki Rushartomo.

Kerjasama Bank BJB dan Bank BNI yang merupakan bentuk kolaborasi bank umum nasional dan bank daerah merupakan salah satu bentuk pemenuhan kewajiban menerbitkan KKP (Kartu Kredit Pemerintah). Selain itu, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah mewajibkan pembayaran menggunakan Kartu Kredit Pemerintah di seluruh Satker Kementerian dan Lembaga paling lambat mulai 1 Juli 2019.

Adi Sulistyowati menuturkan kerja sama Bank BNI dengan Bank BJB merupakan wujud komitmen BNI dalam mendukung program reformasi birokrasi dan dan peningkatan kerja sama industri perbankan dengan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Selama ini, Bank BNI sebagai BUMN telah merangkul pemerintah daerah dengan beberapa kerjasama, misalnya saja optimalisasi pengelolaan keuangan daerah serta mendukung program pemerintah dalam melakukan simplifikasi dan modernisasi anggaran.

Penerbitan Kartu Kredit Pemerintah ini juga merupakan bentuk dukungan Bank BNI dan Bank BJB dalam mewujudkan program cashless society yang dicanangkan pemerintah sejak lama. Pemerintah memang diketahui sejak beberapa tahun lalu telah mecanangkan program Cashless Society, yaitu sebuah gerakan meminimalisir penggunaan uang tunai.

Transaksi non-tunai dianggap akan mampu meminimalisir kejahatan, termasuk kejahatan perampokan, pencurian, pencucian uang (money laundering), serta mengurangi idle cash dari penggunaan uang persediaan.

BNI Catatkan Kemajuan yang Baik dalam Digital Perbankan

Bank BNI tercatat memiliki track record yang baik dalam upaya digitalisasi perbankan. Tak salah bila Bank BJB menggandeng Bank BNI sebagai partner dalam menerbitkan Kartu Kredit Pemerintah. Produk layanan digital dari Bank BNI telah teruji dan terpercaya untuk dapat digunakan dalam mendukung optimalisasi pengelolaan keuangan Pemda (Pemerintah Daerah).

Bank BNI dan BJB bahkan sebelumnya sudah pernah berkolaborasi menghadirkan kartu kredit co-brand, yaitu kartu kredit BNI BJB. Sehingga, kerjasama kali ini tentunya bukanlah hal yang sulit bagi keduanya, terutama dalam membuat kartu kredit pemerintah.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.