BI Segera Realisasikan Penurunan Bunga Kartu Kredit Desember Ini

Pada bulan Desember ini, rencana penurunan bunga kartu kredit akan segera terealisasi. Meski sempat ditentang oleh beberapa perbankan, rencana ini akan tetap dikukuhkan dalam Peraturan Bank Indonesia atau PBI. BI berpendapat, meski bunga diturunkan, perbankan akan tetap meraih keuntungan dengan pemberlakuan peraturan baru ini.

Bunga kartu kredit yang sebelumnya sebesar 2,95 persen akan turun menjadi 2,25 persen. Kabar menggembirakan bagi para pengguna kartu kredit yang terhimpit bunga tinggi. Diharapkan, realisasi peraturan ini dapat memanjakan para nasabah dalam bertransaksi. Para pengguna kartu kredit hanya akan dikenai bunga sebesar 26,95 persen per tahun. Sebelumnya, bunga per tahun sebesar 35.4 persen.

Tantangan untuk Menurunkan Bunga Kartu Kredit

BI sendiri menyadari  bahwa penurunan bunga kartu kredit ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para perbankan yang berkecimpung  dalam ranah kartu kredit. Disadari betul bahwa lembaga komersial tentu ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Sehingga penurunan bunga kartu kredit ini dirasa dapat mengurangi margin keuntungan mereka. Jadi tak salah jika beberapa perbankan keberatan untuk menerima peraturan baru ini.

Namun, BI menyakinkan bahwa kebijakan ini tetap menguntungkan. Dengan diturunkannya bunga, perbankan bisa mengantisipasi adanya kredit macet dan non performing loan. Setidaknya, kebijakan ini mampu menekan peningkatan angka nasabah yang memiliki tunggakan kartu kredit.

Kebijakan penurunan bunga ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Menarik dicatat, pada tanggal 19 Agustus 2016 lalu, BI telah menerapkan BI Day-7 Repo Rate yang disambut antusias oleh para nasabah. Sebagai kelanjutannya, BI pun merencanakan penurunan bunga kartu kredit ini. Nantinya, para pengguna kartu kredit dapat merasakan secara nyata penurunan bunga ini.

Ke depan, para masyarakat dapat menikmati beragam program kartu kredit yang sesuai dengan acuan BI. Adanya peraturan yang jelas dan seimbang terkait kartu kredit ini pun dapat menghasilkan keuntungan yang merata,  baik untuk perbankan maupun untuk pengguna kartu kredit. Dan para pengguna kartu kredit pun makin terlindungi dengan peraturan penurunan bunga kartu kredit ini.

 

Sumber: metrotvnews.com

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.