Bingung Melunasi Hutang Kartu Kredit? Ini Dia Caranya.

Hello readers, kembali lagi di blog PilihKartu.com.

Kali ini PilihKartu akan memberikan sedikit tips yang sering dihadapi oleh para pengguna kartu kredit. Pengguna kartu kredit kasarannya adalah orang yang meminjam uang bank yang akan dikembalikan secara berkala. Seringkali, pengguna kartu kredit¬†‘lupa diri’ dan akhirnya menggunakan kartu kredit secara berlebihan. Akibatnya, pengguna harus berhadapan dengan bunga dan hutang yang harus dilunasi. Nah, jika pembaca adalah salah seorang yang terjebak hutang kartu kredit, langkah-langkah berikut bisa pembaca terapkan untuk menyelesaikan masalah hutang tersebut :

1. Pola pemikiran tentang bunga dan denda kartu kredit

Perlu dipahami bahwa bunga ataupun denda yang diberikan kartu kredit cukup tinggi. Maka dari itu, ‘lunasi tagihan dalam waktu sesingkat mungkin, maksimal 2 hari sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari trouble ketika melakukan pembayaran melalui ATM lain’.

Bunga akan dikenakan ketika anda telat membayar tagihan kartu kredit, dan jika pembayaran yang anda bayarkan kurang dari minimum payment 10% maka akan dikenakan denda. Besarnya denda ditentukan oleh pihak bank penyedia kartu kredit.

2. Hentikan pemakaian jika tak dapat melunasi

Segeralah menghentikan pemakaian menggunakan kartu kredit, jika anda merasa belum dapat melunasi tagihannya. Percuma saja anda terus berhutang dengan kartu kredit, tapi tidak segera anda lunasi, karena hutang anda akan semakin memuncak dan semakin menggunung.

3. Ubah hutang menjadi cicilan

Jika anda belum dapat melunasi hutang sekaligus, anda dapat menggunakan cara ‘ubah hutang menjadi cicilan’. Kunjungi pihak bank untuk mengajukan permohonan ubah hutang menjadi cicilan. Hal ini pun dapat anda gunakan untuk mengurangi jumlah bunga yang dikenakan, ketika anda belum dapat melunasi hutang.

4. Restrukturisasi hutang

Jika semua usaha yang dilakukan belum membuahkan hasil, cara yang satu ini bisa anda gunakan. Caranya adalah mengajukan restrukturisasi hutang. Dikutip dari Duwitmu: “Restrukturisasi umumnya dilakukan oleh bank dengan memberikan potongan bunga atau potongan pokok hutang namun dengan syarat tunggakan harus lunas. Ini jalan tengah: bank mendapatkan pengembalian, daripada hilang sama sekali, sementara nasabah mendapatkan diskon tunggakan. Restrukturisasi diberikan oleh bank setelah mengevaluasi kondisi nasabah yang dianggap layak menerimanya.”

Empat langkah yang bisa anda coba untuk mengatasi hutang kartu kredit. Selamat mencoba ^^

Source: http://www.duwitmu.com/menyelesaikan-hutang-kartu-kredit/#sthash.IrSAHV9q.dpuf

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.