BNI Luncurkan Aplikasi YAP untuk Pembayaran Non Tunai

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau biasa dikenal sebagai Bank BNI, baru-baru ini meluncurkan aplikasi YAP! yakni sebuah aplikasi khusus untuk pembayaran non tunai (cashless) dan non kartu (cardless). Aplikasi yang diberi nama YAP dan merupakan singkatan dari Your All Payment tersebut nantinya akan menjadi aplikasi yang bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran.

Aplikasi Yap! merupakan aplikasi yang khusus diinstall di smartphone dan berfungsi sebagai alat pembayaran non tunai (cashless) dan non kartu (cardless). Pembayaran non tunai karena jelas kita tidak perlu mengeluarkan uang tunai saat membayar, dan non kartu karena kita pun tidak perlu menunjukkan kartu debit ataupun kartu kredit saat pembayaran.

Adapun, yang membedakan aplikasi Yap! dengan aplikasi serupa lainnya adalah, dari segi sumber dananya. Bila aplikasi pembayaran smartphone yang sudah ada sekarang kebanyakan menggunakan uang elektronik sebagai sumber dana, maka aplikasi Yap! menggunakan tiga sumber dana, yaitu kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik BNI (UnikQu). Masing-masing pengguna aplikasi bisa memilih untuk memanfaatkan sumber dana yang mana saat pembayaran.

Baca juga: Cara Pakai Kartu Kredit Mencerminkan Karakter Seseorang

Semua pengguna smartphone bisa mengunduh dan menginstall aplikasi Yap! dan bertransaksi dengan sumber dana uang elektronik UnikQu. Sementara untuk nasabah tabungan BNI ataupun nasabah kartu kredit BNI bisa menambahkan kartu debit BNI dan kartu kredit BNI nya untuk digunakan sebagai sumber dana.

Oleh karena berbasis smartphone, aplikasi yap! bisa menggantikan peran mesin EDC (Electronic Data Capture) yang biasa kita temukan bersebelahan dengan mesin kasir. Aplikasi yap! bisa mempermudah sistem pembayaran bagi para pedagang dari berbagai segmen, mulai dari pedagang kecil, UMKM, retail, toko jaringan, toko modern, dan toko online.

Aplikasi Yap! memiliki sistem keamanan yang berlapis dua, yakni pengamanan pada saat login ke aplikasi dengan menggunakan password, kemudian penggunaan PIN (Personal Identification Number) saat bertransaksi. PIN yang digunakan mengikuti sumber dana yang dipakai (kartu kredit BNI, kartu debit BNI, atau UnikQu).

Baca juga: Cara Mendaftar Tabungan Jenius

Para pengguna smartphone bisa langsung mengunduh aplikasi yap! di PlayStore, menginstallnya dan kemudian melakukan pendaftaran untuk mendapatkan akun uang elektronik BNI (UnikQu). Dengan proses registrasi yang mudah dan tidak memakan waktu lama.

Pihak Bank BNI selaku pemilik aplikasi tersebut ingin mengajak masyarakat untuk menikmati budaya bertransaksi baru dengan yap!, yang disebut-sebut tak hanya cashless tapi juga cardless. Bila masyarakat sudah terbiasa dengan transaksi nontunai (cashless), diharapkan nantinya masyarakat juga akan terbiasa dengan transaksi non kartu (cardless) dengan menggunakan aplikasi.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.