Bobol Ratusan Kartu Kredit, Pencuri Ini Gasak 1,5 M

Nampaknya kejahatan kartu kredit masih terus saja marak. Ini menandakan bahwa para oknum kejahatan kartu kredit di luar sana masih terus saja bergerak dan semakin cerdik mengelabui, tapi untungnya kejahatan-kejahatan kartu kredit dapat diatasi.

Bobol Ratusan Kartu Kredit, Gasak 1,5 miliar

Kali ini, Polda Metro Jaya berhasil menangkap sekelompok penjahat kartu kredit. Komplotan penjahat kartu kredit ini membobol ratusan kartu kredit. Tak tanggung-tanggung, kerugian yang ditanggung bisa mencapai lebih dari 1,5 miliar.

Para pelaku kejahatan melakukan aksinya membobol ratusan kartu kredit milik ratusan orang, dengan menggunakan mesin EDC BRI. Komplotan ini mengaku mendapatkan mesin EDC BRI dengan menyewanya dari beberapa toko.

Modus dengan Menawarkan Tur dan Hotel murah

Dalam menjalankan aksinya, komplotan penjahat kartu kredit ini saling berbagi tugas. Ada yang bertugas untuk menghubungi pemegang kartu kredit dan mengiming-imingi calon korban dengan bonus.

Bonus yang ditawarkan ke calon korban adalah modus tour dan penginapan hotel murah. Hingga korban akhirnya terperdaya dan masuk ke dalam jebakan maut komplotan penipu ini.

Aksi kejahatan yang mereka lakukan adalah di Jakarta Selatan, namun komplotan ini dibekuk di kawasan Bandung, Jawa Barat, sekitar bulan Agustus 2016, tutur Kompol Khairuddin.

Total pelaku kejahatan adalah 7 orang,sebanyak 4 orang berhasil ditangkap sementara 3 orang lainnya masuk ke dalam DPO (Daftar Pencarian Orang). Empat orang yang berhasil ditangkap ini dibekuk pada bulan Agustus 2016, masing-masing mereka berinisial GMA (pria 28 tahun), ADRF(pria 33 tahun), DM (Perempuan 42 tahun) dan Y (perempuan 39 tahun).

Baca juga:

Sementara itu 3 lain yang masih dicari, masing-masing berinisial LE, RB dan AS. Khusus untuk toko yang menyewakan mesin EDC dan kartu ATM rekening EDC tokonya kepada komplotan penjahat ini, polisi mengatakan bahwa pihaknya belum menetapkan sebagai tersangka.

Untuk kasus ini, tersangka dikenakan ancaman hukuman sesuai dengan aturan yang ada dalam pasal 378 KUHP dan pasal 3,4,5 Undang-Undang RI No.8 Tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Wah, banyak juga ya modus kejahatan kartu kredit sekarang ini. Pada kasus di atas, mengajarkan kita bahwa biarpun telah berusaha berhati-hati tetap saja penipu ulung dan bermulut manis bisa ada dimana saja dengan tipu daya yang beragam pula. Untuk itu, pilihkartu selalu ingatkan pemegang kartu kredit sekalian untuk selalu berhati-hati dan waspada.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.