BRI Terbitkan Kartu Kredit Korporat untuk Kemlu

Mengikuti jejak Kementrian Keuangan yang sudah menerapkan kartu kredit sebagai alat pembayaran untuk belanja kementrian, kini giliran Kementrian Luar Negeri (Kemlu) yang juga membuat kartu kredit khusus untuk belanja satuan kerja di kementriannya.

Kemlu RI menunjuk Bank BRI untuk menerbitkan kartu kredit khusus belanja di Kementrian tersebut. Usai menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penerbitan Kartu Kredit dalam Rangka Penggunaan Uang Persediaan dan Pemanfaatan Cash Management System, maka Bank BRI dan Kementrian Luar Negeri sudah resmi bekerjasama.

Dalam acara penandatangan kerjasama yang bertempat di Aula Kantin Diplomasi, Jakarta tersebut, pihak Kemenlu diwakili oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Am. Fachir, Sekretaris Jenderal Kemlu Mayerfas sementara dari pihak BRI diwakili oleh Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto.

Melalui kerjasama tersebut, BRI berkomitmen untuk menyediakan layanan perbankan dalam bentuk kartu kredit pemerintah (Corporate Card), yang difungsikan untuk menggantikan uang tunai di Kementrian Luar Negeri. Pada kerjasama ini, BRI juga menerapkan Cash Management System BRI untuk satker (satuan kerja) di Kemlu.

Adapun, manfaat dari penyediaan kartu kredit pemerintah (Corporate Card) di Kemenlu ini terutama untuk menerapkan transaksi non-tunai yang dinilai lebih transparan, akuntabel, serta dapat dipertanggung jawabkan.

Manfaat lainnya yakni lebih efisien karena para pegawai di Kemenlu tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar bila sedang dalam perjalanan kedinasan, bisa mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang kurang perlu, dan memperkecil kecurangan-kecurangan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.