Bulan Depan Bunga Kartu Kredit Turun, Siap-siap Apply Kartu Kredit Nih

Bulan depan bunga kartu kredit turun, yakni terhitung mulai 1 Juni 2017, semua perbankan sudah harus menurunkan bunga kartu kredit ke level 2,25% per bulan, dari sebelumnya 2,95% per bulan. Kebijakan ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No. 18/33/DKSP perihal penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran menggunakan kartu.

Penurunan bunga kartu kredit merupakan langkah pemerintah untuk merealisasikan peraturan yang sebetulnya sudah lama ada. Penurunan bunga ini sejatinya tidak hanya di sektor kartu kredit, karena ternyata suku bunga di sektor lain juga diturunkan seperti suku bunga pinjaman bank yang semula 11%-12% per tahun menjadi 7% hingga 8% per tahun.

Baca juga: Cara Menghitung Bunga Cicilan Kartu Kredit

Penurunan bunga kartu kredit menunjukkan tren pertumbuhan ekonomi yang lumayan positif. Perlu diketahui bahwa jumlah pemegang kartu kredit di Indonesia saat ini mencapai 17,6 juta keping kartu kredit. Sementara transaksi kartu kredit hingga Maret 2017 tercatat mencapai 80,6 juta transaksi, dengan nilai transaksi mencapai 71,8 triliun.

Angka demikian merupakan angka yang cukup besar, sehingga dapat dikatakan bahwa kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, meski demikian jumlah tersebut masih bisa didorong lagi untuk meningkat mengingat populasi penduduk Indonesia mencapai hampir 250 juta penduduk.

Kebijakan penurunan kartu kredit merupakan salah satu cara untuk mendorong masyarakat agar mau untuk bertransaksi menggunakan kartu, terutama kartu kredit. Meski begitu, penggunaan kartu kredit yang bagai dua mata pedang hendaknya selalu diingat.

Kartu kredit bisa menjadi sahabat bila penggunaannya dikontrol, tapi bisa juga melukai bila tidak dikontrol. Dalam menggunakan kartu kredit, perlu diingat bahwa kita tidak bisa menganggapnya layaknya uang tunai yang dimiliki karena persepsi yang demikian akan cenderung mengantarkan si pemegang kartu ke jurang hutang.

Pertama,harus selalu diingat bahwa kartu kredit adalah kartu hutang, sehingga dalam menggunakannya ada baiknya untuk selalu berada di bawah limit kartu kredit setiap bulannya. Kedua, selalu berhati-hati dalam menggunakan maupun menyimpan kartu kredit, meski kartu kredit dilengkapi pengamanan yang tinggi seperti OTP dan PIN kartu kredit.

Baca juga: Bunga Kartu Kredit 2,25% Berlaku Mulai Bulan Juni 2017

Meski sudah dilengkapi sistem keamanan tinggi, tapi pelaku kejahatan kartu kredit selalu punya cara untuk menembus pertahanan yang ada. Beberapa berhasil, tapi lebih banyak yang berakhir di penjara atas kejahatan kartu kredit.

Lalu, dengan turunnya bunga kartu kredit, sebaiknya pemegang kartu kredit tetap berhati-hati dalam menggunakan kartu kreditnya. Meski bunga kartu kredit turun, usahakan untuk tetap membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo, untuk menghindari terkena bunga kartu kredit, karena bagaimanapun bunga kartu kredit bisa dihindari.

Nah, setelah bunga kartu kredit semakin ringan, siap-siap untuk segera apply kartu kredit dan nikmati berbagai kemudahan bertransaksi menggunakan kartu ya. Nikmati juga promo-promo kartu kredit berupa diskon maupun cashback dari berbagai merchant pilihan!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.