Bunga Kartu Kredit 2,25% Berlaku Mulai Bulan Juni 2017

Akhir tahun 2016 lalu, Bank Indonesia merencanakan untuk menurunkan batas atas bunga kartu kredit, dari semula 2,95% ke 2,25%. Keputusan Bank Indonesia tersebut direspon pihak bank penerbit kartu kredit dengan berbagai reaksi, tapi satu hal yang pasti, bunga kartu kredit yang turun akan menurunkan pendapatan bank.

Bagi konsumen, bunga kartu kredit turun ke 2,25% akan meringankan beban. Selain itu, bunga kartu kredit yang tidak terlalu besar akan menarik minat lebih banyak masyarakat untuk memiliki kartu kredit. Dan dengan sendirinya akan meningkatkan volume transaksi kartu kredit.

Baca juga: Sering Ditawarin Asuransi Kartu Kredit?

Sementara itu, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Eni Panggabean mengatakan bahwa implementasi batas atas bunga kartu kredit 2,25% maksimal adalah Juni 2017. Artinya, mulai bulan Juni 2017 nanti, semua perbankan dan lembaga non perbankan yang menerbitkan kartu kredit harus memberlakukan bunga kartu kredit 2,25% per bulan atau setara dengan 26,95% per tahunnya.

Saat ini, pihak perbankan sebagai penerbit kartu kredit sedang mempersiapkan sarana dan prasana untuk menunjang implementasi bunga kartu kredit 2,25% tersebut. Bank Indonesia sebagai pihak regulator terus mengawasi persiapan bank dalam menerapkan aturan tersebut.

Kemudian, meski pihak perbankan memperkirakan kebijakan bunga kartu kredit 2,25% per bulan ini akan menurunkan pendapatan perbankan, tapi pihak Bank Indonesia beranggapan bahwa ini akan membawa perkembangan baik dari segi peningkatan jumlah konsumen kartu kredit.

Baca juga: Cek Transaksi Kartu Kredit BNI via SMS

Selain itu, rencana penurunan bunga kartu kredit ini merupakan rencana yang telah ada sejak tahun 2012, maka pihak Bank Indonesia yakin bahwa perbankan penerbit kartu kredit telah mengetahui ini dan akan mampu menyesuaikan dengan baik.

Bunga kartu kredit turun ke 2,25% per bulan disambut dengan baik oleh masyarakat luas. Selain akan mendorong pertumbuhan volume transaksi kartu kredit, bunga kartu kredit turun juga bisa merangsang jumlah pemegang kartu kredit untuk meningkat lebih banyak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.