Bunga Kartu Kredit Siap Turun, Bank Tidak Takut

Penerapan bunga kartu kredit 2,25% (batas atas) semakin dekat. Pemerintah telah menetapkan maksimal semua bank harus sudah menerapkan bunga 2,25% pada Juni 2017 nanti. Kini, semakin mendekati deadline dari pemerintah, bank memberikan tanggapan untuk hal ini.

Bank Mega: Tidak Akan Mempengaruhi Kinerja

Bank Mega yang merupakan pemain aktif dalam bisnis kartu kredit memberikan tanggapan untuk kebijakan pemerintah yang satu ini. Melalui Direktur Kartu Kredit dan Personal Bank Mega, yakni Dodit W. Probojakti, Bank Mega menyatakan bahwa penurunan batas atas bunga kartu kredit menjadi 2,25% tersebut akan memangkas total pendapatan bunga kartu kredit sekitar 25%.

Meski begitu, Bank Mega telah mempersiapkan berbagai strategi untuk menghadapi hal tersebut, yakni dengan meningkatkan volume transaksi nasabah agar pendapatan meningkat. Dodit menambahkan bahwa secara garis besar, pendapatan Bank Mega dari bisnis kartu kredit berasal dari pendapatan bunga akibat nasabah tidak membayar tagihan secara penuh dan pendapatan dari transaksi kartu kredit (fee based income).

Baca juga: Kartin1 Kartu Multifungsi, Akankah Bisa Jadi Kartu Kredit Juga?

Adapun nilai transaksi kartu kredit Mega per bulannya mencapai 2,5 triliun rupiah. Penurunan pendapatan sebesar 25% dinilai tidak akan membuat bank merugi besar karena Bank Mega telah mempersiapkan strategi untuk mendongkrak pendapatan.

Bank CIMB Niaga Siap Sosialisasi Bunga Kartu Kredit Turun

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga, Lani Darmawan. Pihaknya menyambut baik kebijakan pemerintah untuk menurunkan capping bunga kartu kredit sebesar 70 poin, menjadi 2,25% dari yang sebelumnya 2,95%.

Bank CIMB Niaga berharap dengan turunnya bunga kartu kredit akan mampu menarik minat lebih banyak masyarakat untuk menggunakan kartu kredit, sehingga dengan sendirinya akan meningkatkan volume transaksi dan nilai transaksi kartu kredit. Volume dan nilai transaksi kartu kredit yang meningkat akan membantu menaikkan pendapatan bank.

Baca juga: Iming-Imingi Kartu Diskon, Penipu Gasak Kartu Kredit Hingga 40 Juta

Rencananya, mulai bulan Mei 2017, Bank CIMB Niaga akan mulai mensosialisasikan penurunan bunga kartu kredit ke 2,25% tersebut. Mereka juga akan gencar melakukan promosi untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap penggunaan kartu kredit.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.