Nasabah Citi Ready Credit Kebobolan Rp 50 Juta

Natalia Santi merupakan seorang nasabah Citibank, ia tercatat memegang kartu kredit dengan jenis Citi Ready Credit. Citi Ready Credit sedikit berbeda dengan kartu kredit reguler karena ia khusus untuk mendapatkan pinjaman uang tunai yang ditransfer ke rekening pribadi.

Natalia mengaku awalnya ia mendapatkan telepon dari seseorang yang mengaku dari Telkomsel. Pria yang mengaku orang Telkomsel tersebut menghubunginya pada tanggal 8 Mei 2019 pukul 13.00 WIB. Pria tersebut mengatakan bahwa poin Telkomsel Natalia bisa ditukarkan dengan bebas tagihan kartu kredit selama 3 bulan.

Kebetulan Natalia mempunyai poin Telkomsel sebesar 3200 poin. Tertarik dengan iming-iming tersebut, Natalia kemudian menuruti apa yang diminta oleh pria tersebut, yaitu melakukan verifikasi nomor kartu kredit. Pria tersebut memintanya menyebutkan nomor rekening dan kode OTP (One Time Password) dengan alasan untuk menghindari dobel pendebetan.

Natalia baru sadar tertipu ketika ia menerima sejumlah notifikasi melalui pesan pendek. Ia langsung bergerak cepat dengan menghubungi Call Center Citibank dan barulah ia mendapati bahwa uangnya dibobol orang tak dikenal hingga senilai Rp 50 juta rupiah.

Beberapa transaksi tersebut yakni berupa transfer dari kartu kredit Citi Ready Credit-nya sebesar Rp 25 juta rupiah ke nomor rekening pelaku. Kemudian, ada juga 10 transaksi di e-commerce blibli.com dengan nominal masing-masing transaksi sebesar Rp 1 juta rupiah. Lalu ada pula transaksi di e-commerce elevania sebanyak 8 kali dengan nominal transaksi masing-masing Rp 995.300 rupiah.

Natalia berasumsi bahwa pelaku bisa membobol kartu Citi Ready Creditnya karena pelaku telah mengubah nomor handphonenya yang terdaftar menjadi nomor handphone si pelaku sendiri. Akibatnya pelaku bisa melakukan verifikasi transaksi kartu kreditnya dengan menggunakan nomor handphone palsu tersebut.

Atas kasus yang dialaminya tersebut, Natalia disarankan untuk segera melaporkan kasusnya ke Polda Metro Jaya, dengan membawa barang bukti berupa rekening koran.


Tips Berhati-hati Agar Kartu Kredit Tidak dibobol Orang

Bila anda pemegang kartu kredit, maka sudah menjadi kewajiban anda untuk menjaga kartu kredit anda dengan seksama. Meskipun kartu kredit sejatinya sudah diberikan keamanan berlapis, tapi tetap saja penjahat di luaran sana juga berkembang semakin cerdik untuk mengelabui dan memakai segala cara agar bisa membobol limit kartu kredit.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan kartu kredit anda:

Buat PIN Kartu Kredit

PIN kartu kredit adalah 6 digit nomor yang diatur sendiri oleh si pemegang kartu kredit. Tidak sembarangan orang boleh mengetahui PIN kartu kredit, maka dari itu anda sebagai pemegang kartu kredit tidak boleh sembarangan dalam memberitahukan PIN anda.

Buat PIN Yuk, Agar Transaksi Lebih Aman

Gunakan SMS Banking Kartu Kredit

Beberapa kartu kredit sudah otomatis memberikan layanan SMS notifikasi kepada para pemegang kartunya. Manakala ada transaksi kartu kredit, maka server akan memberitahukan si pemilik kartu kredit melalui pesan singkat (SMS). Layanan ini ternyata berguna juga untuk mengetahui manakala ada transaksi kartu kredit yang tidak anda lakukan, karena sifat notifikasinya yang instan atau langsung anda terima.

SMS Banking Kartu Kredit, Informasi Kartu Kredit dalam Genggaman

Berhati-hati Saat Berbelanja Online

Di era belanja online, toko-toko online bertebaran di internet. Beberapa ada yang asli toko online, beberapa ternyata hanyalah scam belaka. Website-website belanja online yang hanya berupa scam lah yang berbahaya karena bisa membuat anda kehilangan data-data kartu kredit yang telah dengan baik dijaga.

Maka dari itu perhatikan selalu kiat-kiat belanja online dengan menggunakan kartu kredit.

4 Kiat Belanja Aman di Online Marketplace

Itu dia sedikit tips untuk tetap aman dalam bertransaksi dengan kartu kredit dimanapun kapanpun. Ingat kejahatan selalu mengintai meskipun kita sudah merasa aman dengan menggunakan kartu kredit. Dalam hal ini tidak ada salahnya untuk tetap bertindak penuh kehati-hatian.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.