Citibank Persembahkan Kartu Kredit Virtual

Kartu kredit virtual merupakan sistem pembayaran yang tidak lagi menggesekkan kartu kredit ke mesin EDC, akan tetapi menggunakan digit kode saja saat melakukan pembayaran.

Di tengah berkembangnya peradaban, proses pembayaran juga berubah, dari yang dulunya tunai menggunakan uang, kini orang-orang sudah mulai meninggalkan transaksi uang tunai, dan berganti ke transaksi menggunakan kartu yang lebih praktis dan aman.

Saat orang-orang mulai beranjak memanfaatkan transaksi menggunakan kartu, kini muncul lagi sistem pembayaran digital yang lebih praktis dan aman. Metode ini ada banyak, seperti uang elektronik yang mana seseorang hanya perlu membuat akun dan memperoleh suatu digit angka yang bisa digunakan untuk transaksi.

Inilah yang nampaknya menjadi dasar ketertarikan bagi Citibank, untuk menghadirkan produk serupa. Produk pembayaran digital melalui virtual account milik Citibank ini kemudian disebut kartu kredit virtual/Citi Virtual Card Account.

Dalam peluncuran produk Citi Virtual Card Account, CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan bahwa sistem pembayaran menggunakan kartu kredit virtual ini sudah lebih dulu dipraktikkan oleh sejumlah negara, jadi Indonesia bukanlah yang pertama dalam hal ini.

Batara juga menambahkan bahwa produk barunya ini nanti baru akan berlaku untuk kartu kredit korporasi saja (kartu kredit untuk perusahaan). Mengenai manfaat produk, pihaknya menyatakan bahwa kartu kredit virtual membuat pelaporan keuangan menjadi lebih mudah.

Bagaimana Menggunakan Kartu Kredit Virtual

Cara menggunakan kartu kredit virtual milik Citi Indonesia ini tidaklah sulit, pemegang kartu kredit virtual hanya perlu menyebutkan beberapa digit kode saat ingin membayar transaksi di merchant.

Perlu diketahui juga bahwa kartu kredit korporasi, karena dikhususkan untuk kebutuhan perusahaan, maka dapat ditebak jumlahnya tak sebanyak kartu kredi ritel/reguler. Biasanya perusahaan menggunakan kartu kredit korporasi untuk mempermudah kebutuhan mereka seperti hiburan atau perjalanan karyawan.

Batara menyebutkan bahwa kartu kredit korporasi Citi saat ini dimanfaatkan oleh kurang lebih 150 perusahaan. Nantinya, bila kartu kredit virtual telah jadi, ditargetkan transaksi untuk setahun bisa mencapai 400 milliar.

Bagaimana dengan keamanan kartu kredit virtual

Setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit virtual harus mendapat persetujuan dari bagian keuangan perusahaan, sehingga tidak sembarang orang bisa menggunakannya meski hanya memakai digit kode saja.

Di Indonesia, Citibank adalah yang pertama dalam mengadopsi sistem kartu kredit virtual, sementara di Asia-Indonesia berada di peringkat ke-10, serta menjadi yang ke-45 dunia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.