Denyut Jantung Jadi Metode Terbaru Otentikasi Kartu Kredit

Keamanan, menjadi hal yang pokok dalam industri pembayaran digital, seperti kartu kredit. Berbagai usaha penipuan dan kejahatan kartu kredit yang dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab, telah mendorong perusahaan penyedia layanan pembayaran digital, untuk menyediakan sistem keamanan terbaik demi kepuasan konsumen.

MasterCard adalah salah satu jaringan penyedia kartu kredit yang cukup ‘rajin’ menelurkan ide-ide dan inovasi dalam penyediaan sistem keamanan yang mumpuni bagi produk kartu kreditnya.

Jika beberapa bulan lalu, sempat mencuat kabar mengenai MasterCard Safety Net, yakni software yang dirancang untuk dapat mengenali adanya kejahatan kartu kredit bahkan sebelum pelaku kejahatan menyerang, maka kini MasterCard kembali mengumumkan metode terbarunya dalam mengidentifikasi kartu kredit.

Adalah denyut jantung, yang kali ini digunakan oleh MasterCard sebagai media untuk mendeteksi keabsahan kartu kredit. Bekerja sama dengan Nymi, MasterCard dan TD Bank mengumumkan produk terbarunya, yakni Nymi Band, sebuah wearable device berwujud gelang, yang dapat mendeteksi denyut jantung pemilik kartu kredit.

Selain mendeteksi denyut jantung pemegang kartu kredit, Nymi Band dirancang agar mampu melakukan komunikasi jarak dekat (Near Field Communication, NFC). Melalui teknologi NFC ini, Nymi Band bisa terkoneksi dengan device yang ada di sekitar gelang, dengan menggunakan Bluetooth.

Selama ini ritme denyut jantung tiap individu dikenal unik dan berbeda-beda satu sama lain, sama seperti sidik jari. Dengan mengusung teknologi HeartID TM, Gelang Nymi Band ini nantinya akan dapat merekam data elektrokardiogram (EKG) pemegang kartu kredit, yang kemudian data ini akan diteruskan ke aplikasi smartphone pemegang kartu kredit.

Kapanpun pemegang kartu ingin melakukan transaksi, dia harus meletakkan jarinya di atas gelang tersebut. Gelang kemudian akan memeriksa tanda-tanda biologis (denyut jantung) si pemegang kartu, jika data yang masuk cocok dengan data yang tersimpan sebelumnya, maka proses transaksi akan dapat dilakukan.

Melalui teknolog terbarunya ini, MasterCard dan Nymi berkomitmen untuk menyediakan layanan pembayaran digital yang aman, mudah, dan terpercaya untuk nasabah setianya. Karena itu, Anda kini tidak perlu takut lagi untuk mengajukan aplikasi kartu kredit bukan?

Metode otentikasi kartu kredit melalui wearable device dan mobile device ini dikenal semakin populer di Kanada. Lalu kapan ya Indonesia mulai seperti itu?^^

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.