Dompet Kecurian di Grand Indonesia Mall, Limit Kartu Kredit digasak Habis-habisan

Pembaca pilihkartu.com, beberapa waktu lalu, sempat booming berita mengenai seorang ibu berinisial NH yang dicuri dompetnya. Kesedihan NH semakin bertambah manakala dirinya mengetahui bahwa pencuri dompetnya, menggasak habis-habisan limit kartu kreditnya.

Kejadian berawal ketika NH sedang asyik berbincang dengan teman lamanya dari Jepang. Fokus NH hanya terpusat pada temannya dan anak-anak yang ia bawa serta ke Grand Indonesia Mall. Diduga, pada saat inilah pencuri beraksi dengan mencuri dompet NH.

NH, yang menyadari kehilangan dompetnya pada pukul 19.00, dan mengetahui ada transaksi melalui kartu kreditnya pada pukul 20.10. Hanya berselang 30 menit, pencuri kartu kredit miliknya telah berhasil menggasak limit 4 kartu kreditnya, untuk bertransaksi di 4 merchant berbeda dengan total transaksi senilai 70 juta rupiah.

Untuk keamanan, kartu kredit sekarang telah dilengkapi dengan PIN sebagai verifikasi transaksi. Akan tetapi, di beberapa merchant memang masih memungkinkan menggunakan verifikasi tanda tangan karena belum adanya perangkat EDC yang mampu memproses verifikasi melalui PIN.

Pun jika pihak merchant meminta data diri lain seperti KTP, kemungkinan hanya digunakan untuk memeriksa kesamaan nama atau tanda tangan yang tertera di KTP dengan yang tertera di kartu kredit. Dengan demikian, dalam kasus NH, pencuri yang membawa serta seluruh dompet beserta identitas pribadi NH (seperti KTP), akan dengan mudah memanfaatkan data-data tersebut.

NH ternyata sempat menghubungi pihak bank, namun klaim nya belum dapat langsung diproses. Jika ditolak, NH harus menderita kerugian berlipat karena ia harus membayar tagihan atas transaksi yang tidak dilakukannya. Selain itu, proses verifikasi oleh pihak bank umumnya memakan waktu, jadi selama proses verifikasi tersebut, pelaku masih dengan bebas dapat menggasak limit kartu kredit.

Ada beberapa modus kejahatan kartu kredit, namun kasus di atas cukup membuat kita sadar untuk selalu berhati-hati dalam menjaga barang bawaan, terutama dompet. Ketika bepergian ke luar, usahakan tidak membawa terlalu banyak kartu kredit. Cukup bawa yang sekiranya penting untuk anda dan sesuai kebutuhan anda hari itu. Baca juga MELINDUNGI KARTU KREDIT ANDA DARI BAHAYA PENCURIAN.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.