Gerhana Matahari Total, Ekonomi Indonesia Meningkat

Baru kemarin tanggal 9 Maret 2016, terjadi peristiwa langka yang hanya berlangsung selama 33 tahun sekali, yakni Gerhana Matahari Total. Peristiwa Gerhana Matahari Total bertepatan dengan Hari Libur Nasional Perayaan Nyepi.

Ada yang menarik dari peristiwa Gerhana Matahari Total kali ini, hal itu karena peristiwa GMT menjadikan mata dunia tertuju pada Indonesia. Mengapa demikian? Ini tak lain karena hanya di Indonesia Gerhana Matahari Total dapat dilihat secara penuh.

Fakta tersebut secara tidak langsung berdampak pada berbagai aspek, tak terkecuali ekonomi. Di bawah ini adalah beberapa dampak Gerhana Matahari Total terhadap ekonomi di Indonesia:

1.Tingkat Hunian Hotel/Penginapan Meningkat Penuh

hotel-sandjaja-palembang

via ifes-gcoe-indonesia.info

BMKG memberitakan bahwa Gerhana Matahari Total dengan wujud penuh dapat dilihat di beberapa daerah di Indonesia, seperti Palembang, Tanjung Pandan, Sulawesi, dan Maluku Utara. Diberitakan di sejumlah media, turis domestik maupun asing berbondong-bondong untuk datang ke berbagai daerah yang dilalui Gerhana Matahari Total.

UOB Luncurkan Kartu Kredit Bagi Pecinta Traveling

Ini meningkatkan jumlah wisatawan yang memesan hotel di berbagai daerah yang dilalui Gerhana Matahari Total tersebut. Tentu ini menjadi berkah bagi beberapa sektor yang berhubungan langsung dengan pariwisata.

2.Meningkatkan pendapatan ekonomi

bandar udara sultan babullah ternate maluku utara

via m.galamedianews.com

Banyaknya wisatawan pengunjung daerah yang dilalui gerhana matahari total, tentu akan berdampak pada pendapatan ekonomi mikro di daerah setempat. Apalagi dengan diadakannya perayaan untuk menyambut gerhana matahari total, yang membuat peristiwa langka tersebut makin semarak.

Sebut saja Palembang, dimana lokasi untuk melihat perayaan Gerhana Matahari Total ada di Jembatan Ampera dan sekitar Sungai Musi. Pemerintah setempat mempersiapkan perayaan untuk menyambut Gerhana Matahari Total dengan berbagai acara seperti, kontes foto internasional, lomba lari, atraksi budaya, hingga pertunjukan barongsai.

Lain Palembang lain di Palu, pemerintah setempat memanfaatkan momen langka ini untuk meningkatkan ekonomi mikro. Dengan memanfaatkan animo massa yang datang untuk melihat Gerhana Matahari Total, pemerintah menyuguhkan acara berupa panggung yang berisi beragam konser musik, parade musik perkusi, stand up comedy, dan lomba menari.

3.Pergerakan saham di Indonesia terguncang

saham-gerhana-matahari-total

via www.rmoljakarta.com

Sumber lain juga mengatakan bahwa gerhana matahari total di Indonesia akan berpengaruh pada pergerakan saham (okezone.com). Saham-saham yang akan terpengaruh secara langsung yakni saham yang berkaitan dengan bidang energi dan elektrik.

Cuma Modal Kartu Kredit, Bisa Investasi?

Pengaruh gerhana matahari total terhadap pergerakan saham tersebut berasal dari analisis pakar astrologi dari astrology centre Jakarta, Koesbandrio. Meskipun belum dapat dipastikan keabsahannya, beliau menyarankan untuk menunda trading saham hingga 2 hari ke depan.

4. Ajang promosi hasil kerajinan lokal

kerajinan batu akik

via beritadaerah.co.id

Di Maluku Utara, penduduk setempat memiliki hasil kerajinan lokal seperti batu mulia, batu cincin, kalung, perhiasan dari besi putih, batik tradisional, dan bermacam-macam jenis anyaman bambu.

Sebelumnya, pengrajin kerajinan tradisional di Maluku Utara mengaku kesulitan mempromosikan hasil kerajinan mereka karena lokasinya yang sulit dijangkau. Namun, dengan adanya momen Gerhana Matahari Total ini, turis domestik dan turis asing berdatangan ke Maluku Utara, sehingga ini merupakan kesempatan baik untuk mengenalkan produk kerajinan tradisional mereka.

Wirausaha Tanpa Batas, 7 Bisnis ini Bisa Anda Mulai dengan Kartu Kredit

Itu dia dampak dari gerhana matahari total yang berimbas positif pada ekonomi Indonesia. Singkatnya, gerhana matahari total yang terjadi kemarin telah meningkatkan ekonomi negara dari berbagai sektor, seperti dari kalangan pedagang kecil, toko-toko, restoran, penginapan, hotel, biro perjalanan, taksi, hingga pesawat.

Kira-kira bagaimana ya imbasnya terhadap sektor kartu kredit?

kartu kredit

Memang belum ada data pasti mengenai ini, tetapi dapat dipastikan jika semakin banyak orang yang memadati suatu daerah, pasti akan meningkatkan sektor perdagangan. Dengan sendirinya, sektor pembayaran transaksi yang berhubungan langsung dengan sektor perdagangan akan ikut meningkat. Dan tentunya, bisnis kartu kredit yang berada di sektor pembayaran transaksi juga akan ikut meningkat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.