Google Luncurkan Android Pay, Kartu Kredit Bakal Tersaingi?

Kartu kredit masih menjadi primadona di kalangan masyarakat. Selain mudah penggunaan dan bisa dibawa kemana-mana, kartu kredit juga punya kelebihan seperti limit yang besar, serta tingkat keberhasilan transaksi yang lebih tinggi dibanding sistem pembayaran lain.

Tapi, baru-baru ini Google meluncurkan Android Pay yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing kartu kredit. Mengapa bisa? Ini karena Google telah bekerjasama dengan MasterCard dan VISA untuk proyek Android ini. Kebayang kan bagaimana hebatnya fitur Google Android Pay ini nantinya?

Android Pay akan terintegrasi dengan layanan dari VISA yakni VISA Checkout dan layanan dari MasterCard berupa Masterpass. Ketika menggunakan Android Pay, pengguna akan bisa menghubungkan akun Android Pay mereka ke akun VISA Checkout maupun akun Masterpass yang mereka miliki.

Baca Juga :Visa Kembangkan Metode Pembayaran Canggih untuk Mobil

Lalu bagaimana kelebihan Android Pay ini?

Kelebihannya adalah kemudahan yang ditawarkan. Ketika pengguna bertransaksi online, saat situs dimana ia bertransaksi mendukung layanan Visa Checkout ataupun Masterpass, pengguna Android Pay bisa menyelesaikan transaksi pembayaran tanpa perlu memasukkan rincian data lagi.

Apakah aman jika demikian?

Tentu aman, karena otentikasi yang diminta untuk dilakukan bukan lagi memakai username dan password, yang masih bisa dijebol hacker. Otentikasi yang diminta di Android Pay menggunakan sidik jari.

Cara kerja Anroid Pay

Android Pay menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication) untuk saling berkirim data antara perangkat android, kemudian memfasilitasi transfer dana ke penjual. Dengan demikian, kartu kredit dengan chip tidak akan digunakan dalam proses transaksi semacam ini.

Baca Juga: Verifikasi Pembayaran Kartu Kredit, MasterCard Luncurkan “Selfie Pay”

Baik VISA dan MasterCard telah memiliki banyak pengguna untuk layanan VISA Checkout dan Masterpass, sehingga kemitraan dengan dua jaringan raksasa ini merupakan langkah tepat yang diambil Google untuk proyek Android Pay mereka.

Dengan basis pengguna yang dimiliki VISA dan MasterCard di seluruh dunia, dijamin akan mensukseskan ekspansi Android Pay milik Google pula. Wah, apakah sobat pilihkartu di sini juga tertarik dengan Android Pay ini? Hmm yang pasti, kartu kredit dengan chip masih akan tetap digunakan mengingat masih banyak pula masyarakat yang masih suka berbelanja ke mall, supermarket, atau sekedar tarik tunai ke ATM.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.