Google Ungkap Traffic E-Commerce dan Kartu Kredit Meningkat Jelang Lebaran

Google Indonesia melalui Head of E-commerce nya, Henky Prihatna, menyatakan bahwa selama bulan Ramadhan dan mendekati Lebaran, traffic e-commerce selalu meningkat tajam. Bahkan Google memprediksi peningkatan mencapai 30% pada bulan Ramadhan (Jpnn.com).

Google Indonesia melakukan riset terhadap pengguna Youtube dan Google selama bulan Ramadhan tahun 2016 untuk mencari tahu apa saja yang dicari pengguna internet selama bulan Ramadhan, kemudian meneliti implikasinya pada para pelaku marketing di tahun 2017.

Hasil penelitian memang menunjukkan bahwa puncak konsumsi masyarakat meningkat tinggi selama bulan Ramadhan. Beberapa kata pencarian (keyword) yang mengarah pada tren berbelanja tercatat naik selama Ramadhan.

Kartu kredit merupakan hal yang sangat erat dengan berbelanja dan e-commerce. Hingga tak heran bila Google mengungkapkan bahwa pencarian tentang kartu kredit meningkat pesat sebelum Ramadhan tiba. Pencarian yang turut naik terkait kata kunci ‘kartu kredit’ misalnya apply kartu kredit dan promo kartu kredit.

Baca juga: Apply Kartu Kredit Online? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut

Adapun untuk kata kunci yang berhubungan langsung dengan berbelanja misalnya barang-barang fashion seperti baju muslim yang meningkat 2,9 kali lebih banyak dicari, kemudian elektronik seperti rice cooker dengan jumlah 2,4 kali lebih banyak dicari, hingga gadget yang meningkat 1,8 kali lebih banyak dicari (jpnn.com).

E-Commerce Makin Diuntungkan dengan Momen Ramadhan

Sejatinya momen Ramadhan dan Lebaran memang momen dimana aktivitas belanja masyarakat meningkat pesat. Teknologi e-commerce yang semakin berkembang beberapa tahun terakhir turut menjadi faktor tren belanja online semakin meningkat pesat.

Tren belanja online yang semakin meningkat dengan sendirinya memudahkan pelaku-pelaku internet marketing untuk menganalisis minat dan perilaku belanja masyarakat, termasuk kapan tren belanja meningkat, serta apa yang paling dicari oleh masyarakat di dunia maya, data-data tersebut bisa didapatkan dan bisa dipelajari.

Data-data mengenai minat dan perilaku masyarakat dalam hal berbelanja hanyalah salah satu dari sekian banyak hal yang bisa diperoleh. Data mengenai tren belanja masyarakat tentu diperlukan para pelaku marketing dari e-commerce untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik di masa mendatang.

Tak terkecuali dengan data minat masyarakat mengenai kartu kredit. Google menyebutkan bahwa sebelum momen bulan Ramadhan, data pencarian kartu kredit terutama untuk kata pencarian apply kartu kredit dan promo kartu kredit meningkat pesat.

Baca juga: Hemat Belanja Ramadhan Kamu dengan 4 Kartu Kredit Ini!

Ini menunjukkan bahwa masyarakat cukup paham akan keberadaan kartu kredit beserta manfaatnya. Beberapa yang ingin membuat kartu kredit kemudian mencari kata kunci apply kartu kredit. Pengajuan kartu kredit membutuhkan waktu beberapa minggu, karenanya banyak yang mencari jauh-jauh hari sebelum Ramadhan tiba. Ini bisa jadi karena mereka berharap sebelum Lebaran kartu kredit sudah jadi dan bisa digunakan untuk mencari promo kartu kredit yang juga meningkat selama momen Ramadhan.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.