Sempat Menolak Mundur karena Skandal Kartu Kredit, Gurib-Fakim Berubah Pikiran

Ameenah Gurib-Fakim, Presiden wanita pertama Mauritius yang terlibat skandal kartu kredit akhirnya memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai presiden. Gurib-Fakim sebelumnya diberitakan menolak mundur karena menurutnya skandal kartu kredit tersebut tidaklah seperti yang diberitakan di media.

Yousouf Mohammed selaku pengacara Gurib-Fakim memberikan pengumuman perihal keputusan mundur presiden wanita pertama di negara yang terletak di Samudra Hindia tersebut. Gurib-Fakim dijadwalkan akan mundur pada minggu ini, yakni tanggal 23 Maret 2018.

Gurib-Fakim yang dilantik menjadi presiden wanita pertama Mauritius pada tahun 2015 tersebut memutuskan mengundurkan diri demi stabilitas negara. Ia mundur karena terkait skandal kartu kredit dimana ia mundur atas klaim penggunaan pribadi dari kartu kredit pemberian sebuah LSM.

Gurib-Fakim dituduh telah menggunakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh LSM PEI (Planet Earth Institute) untuk keperluan pribadi. Kartu kredit tersebut dikeluarkan oleh LSM tersebut untuk kepentingan bisnis di Mauritius, Afrika.

Gurib diklaim menghabiskan hingga US$26.000 atau sekitar Rp 358 juta untuk dari kartu kredit tersebut untuk membeli barang-barang mewah seperti perhiasan dan pakaian untuk pribadinya. Atas tuduhan tersebut, Fakim membantahnya dan menyatakan bahwa yang terjadi adalah dirinya secara tidak sengaja menggunakan kartu kredit yang dikeluarkan Planet Earth Institute, sebab dia memiliki kartu yang serupa wujudnya.

Mengetahui ia keliru menggunakan kartu kredit, Fakim lantas segera melunasi tagihan tersebut ke PEI saat laporan tagihan tersebut diungkap. Fakim menyebutkan dirinya tidak pernah menerima hadiah, gaji atau bantuan dari Planet Earth Institute.

Sebagai tambahan informasi, Fakim ditunjuk menjadi dewan PEI yang berbasis di London pada tahun 2015 lalu. Fakim mengundurkan diri dua tahun kemudian, yakni pada tahun 2017.

“PEI menerima pengunduran diri Prof. Gurib-Fakim ​​pada 20 Maret 2017. Dia telah membayar kembali tagihan yang tampaknya tidak sengaja digunakan pada kartu kredit dari kami untuknya teruntuk biaya logistik saat bepergian mempromosikan sains, teknologi dan inovasi Afrika.” tulis lembaga tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.