Indonesia akan Segera Mendirikan Switching Company Nasional

Selama ini, dunia kartu kredit nasional masih didominasi oleh jaringan kartu kredit Visa dan MasterCard. Kedua perusahaan jaringan kartu kredit tersebut merupakan perusahaan asing yang bermarkas di luar negeri.

Dapat dibayangkan bila Indonesia masih saja didominasi oleh jaringan kartu kredit asing, maka keuntungan akan masuk ke perusahaan asing. Atas dasar inilah, Indonesia terdorong untuk segera mendirikan perusahaan jaringan kartu kredit Nasional. Perusahaan ini nantinya diharapkan mampu bersaing dengan jaringan kartu kredit asing yang telah lebih dulu merajai dunia perbankan Indonesia.

Perusahaan jaringan kartu kredit/switching company

Perusahaan jaringan kartu kredit disebut juga sebagai switching company. Switching company adalah perusahaan penyedia jaringan yang bekerjasama dengan pihak perbankan. Switching company bertugas untuk menghubungkan data antar jaringan perusahaan provider dengan perusahaan mitra perbankan.

Switching company nasional

Selama ini Indonesia belum memiliki perusahaan switching company nasional. Tapi, Bank Indonesia telah menegaskan bahwa pihaknya akan segera mendirikan swtiching company nasional di bawah BUMN. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Lebih jauh lagi, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang bertugas untuk membentuk switching company nasional ini.

Untuk kesiapan infrastruktur, pihak BI menyatakan bahwa Indonesia sudah tergolong siap, apalagi saat ini PT Bank Rakyat Indonesia tercatat telah memiliki satelit sendiri.

Manfaat Switching Company Nasional

Manfaat dari adanya Switching company nasional ini yaitu layanan perbankan dengan biaya yang lebih rendah, daripada bila menggunakan switching company asing. switching company asing seperti VISA dan MasterCard tergolong memberlakukan biaya layanan yang tidak kecil.

Switching Company Lokal

Meskipun demikian,bukan berarti di Indonesia tidak ada switching company lokal. Selama ini, ada beberapa switching company Indonesia yang menyediakan layanannya untuk fasilitas ATM di perbankan. Sebut saja PT Rintis Sejahtera penyedia jaringan ATM Prima, PT Telkomsigma dan Himbara penyedia ATM Link, PT Artajasa Pembayaran Elektronis sebagai penyedia jaringan ATM Bersama, serta PT Daya Network Lestari penyedia jaringan ATM Alto.

Baca juga:

Switching company lokal ini telah menyediakan layanan mereka kepada bank-bank nasional Indonesia. Contohnya saja ATM Prima yang memiliki sebanyak 48 bank sebagai peserta dengan jumlah jaringan ATM Prima mencakup 30.500 ATM di seluruh Indonesia, serta 112.000 mesin EDC berlogo ATM Prima.

Kedepannya, supaya dapat bersaing dengan switching company asing, diharapkan pemerintah dapat mendukung switching company lokal dengan adanya switching company nasional sebagai induknya. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat tertarik untuk menggunakan layanan switching company asal Indonesia karena lebih murah dan lebih hemat.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.