Indonesia Banking Expo-IBEX 2015, Kartu Kredit Masih Jadi Primadona

Jakarta, 2015-pameran perbankan Indonesia atau biasa dikenal Indonesia Banking Expo (IBEX) 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 09-11 September 2015 ini, sukses menarik banyak pengunjung. Puluhan bank nasional tercatat ikut berpartisipasi memeriahkan gelaran pameran IBEX 2015 yang berlokasi di JCC Senayan.

Bertempat di Cendrawasih Room & Lower Lobby Jakarta Convention Center, bank-bank nasional peserta IBEX 2015 terlihat lebih bergairah untuk mempromosikan produk kartu kredit bila dibandingkan dengan produk perbankan lainnya. Kartu kredit, meskipun dikenal bisa menjadi angels maupun demons, tetap saja masih mampu menjadi dambaan tiap orang.

Oleh karenanya, tak perlu heran jika bank-bank nasional masih bersemangat untuk menarik nasabah kartu kredit sebanyak-banyaknya. Mereka nampak tidak terganggu dengan berbagai pemberitaan yang menyatakan bahwa penyaluran kredit nasional sekarang ini diklaim seret dan makin mengkeret.

Reny, seorang staf penjualan di booth Bank Negara Indonesia menuturkan jika pihaknya hingga sore kemarin telah menerima 111 aplikasi baru kartu kredit. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat mengingat pameran diselenggarakan hingga tanggal 11 September nanti. Ini menandakan kepopuleran kartu kredit BNI memang layak diacungi jempol.

Lain halnya dengan Bank HSBC, yang hingga sore kemarin telah mengantongi 30 aplikasi kartu kredit. Bank HSBC memberlakukan peraturan yang sedikit berbeda daripada bank-bank lainnya. Pasalnya, untuk bisa memiliki kartu kredit HSBC, calon nasabah paling tidak harus memiliki satu kartu kredit dari bank lain.

“Iya itu sebagai referensi kita menilai nasabah baru,” tutur Muthi, seorang staf penjualan di booth Bank HSBC.

Kartu kredit manapun, memiliki suku bunga yang relatif sama besarnya. Hal ini berdasarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.14/2/PBI/2012 tanggal 6 Januari 2012, dan efektif per 1 Januari 2013, bahwa suku bunga kartu kredit sebesar 2,95% per bulan atau 35,4% per tahun untuk transaksi pembelanjaan maupun penarikan uang tunai.

Dengan adanya peraturan tersebut, bank-bank nasional tidak akan lagi bersaing dalam hal suku bunga. Sebagai gantinya, bank-bank penerbit kartu kredit saling bersaing satu sama lain dalam hal fitur dan fasilitas di kartu kredit, seperti diskon belanja, poin reward, airport lounge, persyaratan mudah, cicilan tetap,dsb.

Nah, pembaca pilihkartu.com, tertarik juga untuk mengajukan aplikasi kartu kredit? Kalau Anda ingin mengajukan aplikasi kartu kredit tetapi tidak berkesempatan mengunjungi gelaran IBEX 2015 di Senayan, daftar via pilihkartu.com saja :).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.