Iuran BPJS Kesehatan Naik, Bagaimana dengan Masyarakat Miskin?

Sejak tahun 2014, negara melalui Kementerian Sosial telah menjamin kesehatan masyarakat miskin melalui program BPJS Kesehatan. Masyarakat miskin yang iuran BPJS Kesehatannya dibayar oleh negara tergabung dalam kelompok PBI (Penerima Bantuan Iuran).

Sejak mencuat isu akan dinaikkannya iuran BPJS kesehatan hingga 100%, timbul berbagai macam kekhawatiran di masyarakat. Bahkan ada yang mengkhawatirkan bila kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini akan menekan daya beli pada kalangan masyarakat miskin.

Mengenai hal ini, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita membantahnya, karena menurutnya negara akan tetap hadir untuk menjamin iuran BPJS Kesehatan bagi masyarakat miskin yang masuk kategori PBI.

Maka dari itu, menurutnya kenaikan iuran BPJS Kesehatan tidak akan berpengaruh besar kepada masyarakat yang masuk kategori PBI. Menurut BPJS Kesehatan, jumlah masyarakat di kategori PBI ada 133 juta peserta atau 40% dari total penduduk Indonesia, dan negara membayar Rp 23.000 per kepala setiap bulannya.

Iuran BPJS Kesehatan akan Naik 100% Mulai Januari 2020

Sebelumnya, publik sempat dibuat kecewa dengan pengumuman presiden Joko Widodo yang akan mengeluarkan Perpres (Peraturan Presiden) mengenai kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan Mandiri tersebut sesuai dengan anjuran dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, kenaikan iuran BPJS Kesehatan sudah merupakan kebutuhan. Bila iuran BPJS Kesehatan dinaikkan maka defisit di tubuh BPJS Kesehatan akan bisa teratasi, bahkan bisa surplus.

Adapun menurut rencana, iuran BPJS Kesehatan Mandiri akan naik 100%, untuk kelas I Mandiri, iuran yang sekarang Rp 80.000 akan naik menjadi Rp 160.000, kemudian untuk kelas II Mandiri, iuran yang sekarang Rp 59.000 akan naik menjadi Rp 110.000, lalu kelas III dari yang semula Rp 25.500 akan naik menjadi Rp 42.000.

Iuran BPJS Naik 100%, Istana: Masih Dibahas

Tenaga Ahli Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyatakan bahwa perihal rencan kenaikan iuran BPJS Kesehatan saat ini masih dalam pembahasan. Aturan tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang akan dituangkan dalam Perpres juga masih belum selesai disusun.

Nah, menurut kamu gimana kalau iuran BPJS Kesehatan naik 100%? Setuju ngga?

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.