Sah! September Iuran BPJS Kesehatan Naik 100%

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa dirinya akan segera mengeluarkan peraturan presdien (Perpres) tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Rencananya, iuran BPJS Kesehatan akan naik 100% mulai bulan September 2019 nanti.

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Perpres tentang kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut mengacu pada usulan kenaikan besar iuran yang direkomendasikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, kepada Komisi XI DPR.

Kepada Komisi XI DPR, Sri Mulyani mengusulkan agar iuran BPJS Kesehatan Mandiri naik 100%, artinya untuk kelas I dari yang semula Rp 80.000 menjadi Rp 160.000 per peserta, kemudian kelas II dari yang semula Rp 59.000 menjadi Rp 110.000 per peserta, dan kelas III dari yang semula Rp 25.500 menjadi Rp 42.000 per peserta.

Iuran BPJS Kesehatan dibayarkan per bulan, dan tarif baru tersebut direncanakan berlaku mulai 1 Januari 2020. Dengan tarif baru tersebut, bila seorang kepala keluarga membiayai iuran BPJS Mandiri kelas I untuk 5 anggota keluarga, maka per bulan ia harus mengeluarkan Rp 160.000 x 5 = Rp 800.000 rupiah.

Angka tersebut rasanya malah lebih mahal dari asuransi swasta, dengan pilihan pelayanan yang lebih baik daripada BPJS Kesehatan dimana pelayanan terbatas pada faskes tingkat I dan kebanyakan di Puskesmas atau klinik keluarga. Bila ingin berobat di Rumah Sakit yang bagus, harus melalui mekanisme rujukan berjenjang yang akan sangat membuang waktu dan tenaga.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, menyatakan bahwa menaikkan iuran BPJS Kesehatan ini mutlak diperlukan. Bila iuran BPJS Kesehatan naik, maka persoalan defisit di BPJS Kesehatan akan bisa diselesaikan. Bahkan menurut Sri Mulyani, bila iuran BPJS dinaikkan, selain menutup defisit maka keuangan BPJS Kesehatan akan surplus sebesar Rp 17,2 triliun.

Selain itu, Mardiasmo juga mengatakan bahwa sebetulnya defisit bisa ditutup dengan perbaikan tata kelola administrasi dan manajemen BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan seharusnya bisa bekerjasama dengan baik dalam menyelenggarakan program JKN.

Pemerintah Daerah juga diharapkan dapat berpartisipasi aktif dan positif dalam membantu terselenggaranya program JKN yang lebih baik.

Nah, gimana nih kira-kira kalau iuran BPJS Kesehatan naik, kamu setuju nggak?

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.