Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Bisnis Kartu Kredit diharapkan Meningkat

Selama semester pertama di tahun 2016 ini, bisnis kartu kredit dinilai lesu bahkan cenderung mengalami penurunan. Untuk mengantisipasi hal ini, momen Ramadhan dan Idul Fitri diharapkan dapat mendongkrak kembali bisnis kartu kredit di Indonesia.

Bukan tanpa sebab, dilansir dari tribunnews.com, lesunya bisnis kartu kredit pada semester pertama ini dikarenakan adanya efek perlambatan ekonomi serta diberlakukannya aturan pembatasan jumlah kartu kredit di Indonesia.

Momen Ramadhan dan Idul Fitri, Transaksi Kartu Kredit akan Meningkat

Hal yang sebaliknya diutarakan oleh General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), Steve Marta, yang menyampaikan bahwa lesunya transaksi bisnis kartu kredit ini memang sudah lumrah, atau bersifat musiman saja. Semester II tahun 2016 transaksi kartu kredit akan kembali naik karena adanya momen Ramadhan dan Idul Fitri, dan ditambah momen liburan sekolah.

Ubah Gaya Hidup Boros dengan 5 Hal Ini

Momen Ramadhan dan Idul Fitri, Tingkat Konsumsi Masyarakat Meningkat

Seperti yang sudah sering terjadi, di momen Ramadhan dan Idul Fitri, tingkat konsumsi masyarakat cenderung meningkat. Ini karena kebutuhan selama bulan puasa dan lebaran akan melonjak, serta harga-harga yang cenderung meningkat mendekati hari H lebaran. Keadaan ini membuat masyarakat memilih berbelanja sebelum harga-harga melonjak drastis.

Sebelumnya, Bank Indonesia menyebutkan bahwa volume transaksi kartu kredit turun sebesar 3,59%, atau jika dinominalkan, volume transaksi kartu kredit menurun menjadi 25,84 juta per Maret 2016. Ini lebih kecil daripada angka di tahun sebelumnya yakni pada Maret 2015 yang mencapai angka 26,80 juta. Volume transaksi yang menurun ini berimbas pula pada menurunnya nilai transaksi sebesar 6,77% atau sebesar 24,77 triliun.

Tetapi, di momen Ramadhan nanti, yakni sekitar bulan Juni hingga Juli, AKKI memprediksi bahwa nilai transaksi akan mencapai 24 trilliun. Meningkat 2-3 trilliun mengingat rata-rata nilai transaksi bulanan kartu kredit mencapai 21 triliun hingga 22 triliun.

Belanja 5 Kebutuhan Ini Bisa Lebih Irit dengan Kartu Kredit

Momen Ramadhan dan Idul Fitri, momen promo terbaik dari Bank dan Merchant

Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Bank dan Merchant akan berlomba-lomba untuk memberikan promo-promo terbaik dan menarik untuk mendongkrak bisnis kartu kredit. Dengan memanfaatkan kebiasaan konsumtif masyarakat yang pasti meningkat di kedua momen ini, dapat dipastikan bisnis kartu kredit juga akan kebagian ‘berkahnya’.

Selain mendatangkan berkah untuk pihak bank maupun merchant yang bekerjasama, pihak konsumer juga akan diuntungkan dengan produk-produk yang ditawarkan melalui program-program promosi yang menarik dan menggiurkan.

Sementara itu, AKKI memprediksi bahwa jumlah kartu kredit hanya akan tumbuh 5% di tahun ini, dengan volume dan nilai transaksi akan tumbuh 10%-15% di tahun 2016. Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Kartu Kredit & Personal Loan Bank Mega, Dodit Wiweko yang menyatakan bahwa momen Ramadhan, Idul Fitri kemudian disusul dengan momen liburan sekolah, akan meningkatkan transaksi sekitar 10%-15%.

Pihak Bank Mega sendiri membidik peningkatan sebesar 10% di tahun 2016 ini, sama dengan BNI dan Bank Permata yang juga menargetkan pertumbuhan hanya sebesar 10%.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.