Hindari Transaksi Perbankan Saat VPN sedang Aktif

Sejak dilakukan pembatasan akses terhadap sosial media WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Twitter, publik beramai-ramai menyuarakan penggunaan aplikasi VPN yang bisa membuka blokir. Aplikasi VPN bisa dengan mudah didapat di PlayStore atau AppStore dan bisa diunduh dengan gratis.

Masalahnya, sangat mungkin kita lupa mematikan VPN saat sedang bertransaksi keuangan, entah itu transaksi M-Banking, transaksi kartu kredit di e-commerce secara online, dan masih banyak lagi lainnya. Dan yang mengkhawatirkan adalah aplikasi VPN yang tersebar di masyarakat kebanyakan adalah yang berupa VPN gratisan.

VPN Gratisan Lebih Berisiko

Menurut pengamat, aplikasi VPN gratisan lebih berisiko karena tidak ada kejelasan providernya atau perusahaan dibaliknya. Keamanan data saat melewati server VPN gratisan tidak diketahui dengan pasti sehingga berisiko kepada pengguna.

Baca juga: Waspadai Pencurian Data Pribadi dengan Hal-Hal Ini

Data-data pribadi pengguna, seperti email, username, password bisa saja dicuri saat menggunakan VPN. Malware juga bisa masuk bila menggunakan VPN yang tidak jelas.

Di bawah ini adalah beberapa risiko dari penggunaan VPN:

  • Menjadi jalan masuk bagi malware, apalagi yang berupa VPN gratisan. Walau awalnya VPN dibuat dengan tujuan menjaga perangkat dari hacker, tapi VPN gratisan rentan disusupi malware.
  • Melacak aktivitas online pengguna. Di tengah upaya pemerintah meredam hoax dengan membatasi akses Whatsapp, Instagram, dan Facebook, kehadiran VPN tentu sangat menolong. Tapi VPN gratisan sangat mungkin mengintip aktivitas online pengguna.

Jangan Gunakan VPN Gratisan Saat Transaksi Perbankan

Dewasa ini transaksi keuangan sudah sangat biasa dilakukan melalui smartphone. Transfer online bisa dilakukan dengan M-Banking, e-wallet, transaksi kartu kredit secara online di e-commerce juga bisa dilakukan dengan mudah.

Aktivitas memasukkan username dan password untuk M-Banking sudah biasa dilakukan, begitu pula dengan aktivitas memasukkan data-data kartu kredit ketika akan melakukan transaksi kartu kredit di e-commerce. Maka dari itu akan berbahaya bila melakukan transaksi keuangan saat VPN sedang aktif.

Baca juga: Cara Lapor Polisi Bila Data Pribadi Dicuri dan Disalahgunakan

Meskipun demikian, VPN tak selamanya buruk. Bahkan BCA mengakui menggunakan VPN untuk tambahan keamanan bagi pengguna KlikBCA Bisnis yang nilai transaksinya besar. Akan tetapi, VPN gratisan yang tersebar di PlayStore atau AppStore tidak terjamin keamanannya sehingga harus dihindari.

Nah, mari cermat berteknologi. Keamanan data pribadi juga menjadi tanggung jawab masing-masing :).

 

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.