Jokowi Curhat Soal Dirinya yang Tidak Punya Kartu Kredit

Siapa sangka, ternyata presiden kita saat ini, Presiden Joko Widodo ternyata tidak mempunyai kartu kredit. Di tengah gencar-gencarnya perbankan menerbitkan serta menggenjot transaksi kartu kredit, Presiden Jokowi ternyata malah tidak pernah menggunakan kartu kredit seumur hidupnya.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis IPB yang ke 54 di kampus IPB, Bogor. Pada kesempatan tersebut Jokowi menyatakan bahwa kartu kredit, yang merupakan alat pembayaran modern ternyata sekarang sudah termasuk usang.

Baca juga: Jumlah Kartu Kredit Menyusut 800.000 Keping dalam Tiga Bulan

Jokowi juga menyebutkan bahwa masih sedikit jumlah pemegang kartu kredit di Indonesia. Dari 250 juta penduduk di Indonesia, mungkin baru sekitar 10% nya saja yang sudah menggunakan kartu kredit. Itu pun, kini kartu kredit dilindas lagi oleh teknologi pembayaran terbaru berbasis digital seperti Paypal dan Alipay.

Hanya dengan menggunakan smartphone, tanpa susah payah seseorang bisa membeli barang yang ribuan kilometer jauhnya, kemudian diantarkan ke depan pintu tanpa perlu repot-repot datang. Bermodalkan smartphone, pembelian barang-barang yang ribuan kilometer jauhnya tersebut bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik.

Bahkan, untuk beli makanan, minuman atau barang lain di minimarket juga bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone, misalnya teknologi t-cash tap yakni stiker yang ditempel di smartphone untuk digunakan dalam pembayaran berbasis nir sentuh. Itu baru satu contoh, belum teknologi pembayaran dalam bentuk lainnya.

Baca juga: Pengguna Tol, Sudah Tahu Wajib Bayar Tol Pakai Uang Elektronik?

Melalui penjelasannya tersebut, Jokowi ingin menegaskan bahwa perubahan di luar rutinitas kita terjadi sangat cepat. Maka dari itu, kita tidak boleh terlalu terikat dengan rutinitas agar tidak ketinggalan jaman, atau terlindas perubahan yang semakin cepat dan mustahil untuk dihambat tersebut.

Ke depannya nanti, generasi muda akan selalu berkembang dan melahirkan ide-ide inovasi terbaru. Nantinya, generasi muda lah yang akan mempengaruhi berbagai lini kehidupan, landscape ekonomi nasional dan global, bahkan mulai yang terkecil di daerah juga akan berubah.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.