Kartin1 Kartu Multifungsi, Akankah Bisa Jadi Kartu Kredit Juga?

Baru-baru ini, pemerintah memperlihatkan prototipe Kartin1, yang merupakan kartu multifungsi. Kartin1 adalah singkatan dari Kartu Indonesia 1. Kartu Indonesia 1 yang dikembangkan oleh Direktorat Jendral Pajak ini  merupakan pengembangan dari kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Prototipe Kartin1 yang ada sekarang ini merupakan hasil riset setahun yang lalu. Di dalamnya terintegrasi fungsi NPWP, Nomor Induk Kependudukan, serta BPJS Kesehatan. Prototipe Kartu Indonesia 1 yang baru jadi tersebut hanya berfungsi sebagai wadah untuk beberapa data-data penting tersebut, sehingga untuk sekarang ini belum ada gambaran mengenai fungsi lebih lanjut akan kartu tersebut.

Kartin1 ‘dilirik’ oleh Bank BUMN dan Bank Swasta

Seperti yang telah diungkapkan di atas, prototipe Kartin1 sekarang ini baru mencakup menghimpun data NPWP, Nomor Induk Kependudukan serta BPJS Kesehatan. Meski begitu, Ditjen Pajak mengatakan bahwa sudah ada beberapa Bank BUMN dan bank swasta yang menyatakan diri tertarik untuk bergabung dengan Kartin1.

Kartin1 Mau Jadi Kartu Kredit, Harus Ada Ijin dari BI

Ditjen Pajak sebagai pihak pengembang menyatakan bahwa untuk memfungsikan Kartin1 menjadi kartu dengan fungsi perbankan, maka harus ada ijin dari Bank Indonesia (BI). Bila memang Kartin1 akan diintegrasikan dengan perbankan, maka nantinya kartu ini akan bisa dipakai sebagai pembayaran, bahkan bukan tidak mungkin Kartin1 bisa dijadikan kartu kredit.

Baca juga: Sekarang Kartu Kredit BCA Bisa Buat Bayar BPJS!

Untuk saat ini, BI sendiri dikabarkan sedang melakukan pengkajian untuk Kartin1. Ditjen pajak menyambut baik bila Kartin1 bisa diintegrasikan dengan perbankan. Selain itu, Ditjen Pajak juga menegaskan bahwa Kartin1 bukanlah alat untuk memeriksa data perbankan dari para wajib pajak.

Selain itu, Kartu Indonesia 1 yang akan diluncurkan pada pertengahan tahun ini juga akan memuat Kartu SIM (Surat Ijin Mengemudi). Dengan adanya kartu yang terintegrasi seperti ini, maka diharapkan akan mengurangi jumlah-jumlah kartu.

DJP sendiri mengembangkan Kartu Indonesia 1 dalam rangka peningkatan pelayanan dalam bentuk kemudahan pelaporan serta akses informasi perpajakan.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.