Bank Mega Syariah akan Mulai Rambah Bisnis Kartu Kredit

Cabang bisnis syariah dari Bank Mega, yakni Bank Mega Syariah melihat pertumbuhan positif dari bisnis kartu kredit. Maka dari itu, Bank Mega Syariah mengaku tertarik untuk mulai merambah ke bisnis kartu kredit pula.

Pihaknya kini tengah dalam tahap penjajakan, ini diutarakan oleh Financing Business & Network Group Head Bank Mega Syariah MA. Suharto. Suharto melihat prospek yang bagus dari bisnis kartu kredit dari adanya peningkatan di jumlah pemegang kartu kredit.

Apalagi kartu kredit saat ini sangat erat dengan dunia e-commerce. Dunia e-commerce yang semakin pesat, maka pembayaran online menggunakan kartu kredit juga ikut pesat. Meski begitu, Suharto mengaku baru sebatas melakukan pendalaman intensif dan tidak akan menerbitkan di tahun ini.

Dilansir dari finansial.bisnis.com, per November 2016, BI mencatat ada 17 keping kartu kredit yang diterbitkan, dengan volume transaksi yang berhasil dibukukan untuk bisnis kartu kredit adalah senilai 26 juta, atau tumbuh sekitar 10,76%.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Kartu Kredit Syariah?

Kartu kredit biasa dan kartu kredit syariah tentunya memiliki perbedaan. Hal ini karena kartu kredit syariah harus berjalan dalam koridor ketentuan umum Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 54/DSN-MUI/X/2006. Beberapa ketentuan yang mesti diperhatikan bila ingin menjalankan bisnis kartu kredit syariah antara lain masalah penerapan Akad Kafalah, Qardh dan Ijarah dalam kartu kredit syariah nantinya.

1. Akad Kafalah

Yang dimaksud akad kafalah artinya bank berfungsi sebagai penjamin. Nantinya bila Bank Mega Syariah membuat kartu kredit syariah, maka ia akan bertindak sebagai penjamin atas semua transaksi nasabah kartu kreditnya.

2. Akad Qardh

Qardh berarti pinjaman, di sini bank bertindak memberikan pinjaman kepada si pemegang kartu kredit.

3. Akad Ijarah

Ijarah berarti juga sebagai iuran tahunan. Iuran tahunan ini dibayarkan sebagai bentuk imbal jasa atas layanan yang diberikan oleh kartu kredit syariah.

Tentunya bila semakin banyak kartu kredit syariah, akan semakin banyak pula pilihan untuk anda dalam memilih kartu kredit. Apalagi kartu kredit yang prinsipnya benar-benar berbeda seperti kartu kredit konvensional dan kartu kredit syariah.

Bila anda benar-benar menjunjung prinsip hidup syariah, maka hadirnya kartu kredit Mega Syariah akan menjadi alternatif tambahan untuk pilihan pembiayaan non tunai anda.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.