Kartu Kredit Banyak Digunakan untuk Travelling

Kartu kredit diberikan untuk kebutuhan konsumtif, misalnya belanja, travelling, kuliner, elektronik hingga kesehatan. Kebutuhan-kebutuhan konsumtif tersebut ternyata memenuhi sekitar 40 – 44% dari keseluruhan transaksi.

Dari jumlah 40 – 40% tersebut, sebesar 20 – 25% ternyata lebih banyak digunakan pada kebutuhan travelling. Jumlah 20 – 25% tentunya cukup besar, lantas apakah ini artinya kebutuhan travelling masyarakat Indonesia tak terpengaruh meski tiket pesawat sedang melangit?

Kontribusi kartu kredit pada dunia travelling, ternyata tak melulu untuk kebutuhan pembelian tiket pesawat. Di dalam transaksi kartu kredit untuk kategori travelling, di dalamnya termasuk juga pemesanan kamar hotel, dan beberapa hal lainnya.

General Manager Bisnis Kartu Kredit BNI, Okki Rushartomo mengatakan bahwa di tahun 2019 ini penggunaan kartu kredit untuk travelling mengalami kenaikan sebesar 20 persen. Padahal di tahun 2019 terjadi kenaikan harga tiket pesawat domestic yang membuat penurunan yang cukup signifikan.

Kenaikan harga tiket pesawat domestic tersebut sempat diperkirakan akan menurunkan jumlah transaksi kartu kredit untuk kategori travelling. Tapi, ternyata hal tersebut tidak terjadi. Ternyata nilai transaksi kartu kredit untuk kategori travelling masih terbilang besar.

Menurut Okki, hal tersebut disebabkan karena promo-promo tiket pesawat yang bekerjasama dengan kartu kredit. Promo-promo tersebut mampu mengurangi harga tiket pesawat, meski tidak terlalu besar tapi lumayan. Belum lagi promo berupa cicilan kartu kredit yang meringankan beban pemegang kartu kredit untuk membayar tagihan kartu kredit.

Kenaikan harga tiket pesawat tentu berimbas juga pada sektor-sektor lain, seperti misalnya yang paling terpengaruh adalah pariwisata. Kegiatan pariwisata yang menurun akan berimbas pada sektor kuliner dan sektor belanja oleh-oleh.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.