Dunia Kartu Kredit Bakal Kedatangan 3 Pendatang Baru, Siapa Saja Mereka?

Saat ini kita mengenal ada banyak sekali jenis kartu kredit. Kalau mau disederhanakan, kurang lebih ada dua puluh lebih perbankan yang menerbitkan kartu kredit di Indonesia. Yang terkenal dan populer di Indonesia, tentu saja kartu kredit dari bank pelat merah seperti kartu kredit BCA, kartu kredit Mandiri, kartu kredit BNI, dan kartu kredit BRI.

Bicara soal kartu kredit bank asing, ada pula bank asing yang menerbitkan kartu kredit di Indonesia. Misalnya saja, kartu kredit Standard Chartered, kartu kredit ANZ, kartu kredit HSBC, kartu kredit Citibank, dan beberapa kartu kredit dari bank asing lainnya.

Publik tentu sudah cukup familiar dengan beberapa nama yang telah disebutkan di atas. Ngomong-ngomong soal bisnis kartu kredit, dalam waktu dekat dunia perkartukreditan Indonesia akan kedatangan pendatang baru, mereka adalah Bank BTN, Bank Mayapada, dan Bank Jatim.

Peraturan Ketat Tak Surutkan Niat

Beberapa tahun belakangan ini, peraturan kartu kredit semakin diperketat untuk meminimalisir terjadinya kredit macet (NPL). Meski begitu, nampaknya peraturan ini tidak mengurangi niat ketiga bank tersebut untuk menembus bisnis kartu kredit. Memang, biarpun aturannya ketat, tapi bisnis kartu kredit cukup menjanjikan.

Bank BTN misalnya, sebetulnya pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri dengan menerbitkan kartu kredit co-branding dengan Bank Mandiri. Tapi, nampaknya Bank BTN ingin mulai mandiri dengan menerbitkan kartu kredit BTN tersendiri. Direktur Strategi, Resiko & Kepatuhan BTN Mahelan Prabantariksa memastikan bahwa rencana tersebut baru akan terwujud di tahun 2018.

Selama ini Bank BTN terkenal sebagai bank yang berfokus pada pemberian kredit perumahan. Maka masuk ke kredit konsumer akan menjadi tantangan terbaru mereka. Sejalan dengan bisnis yang telah mereka jalankan, Bank BTN menyasar kartu kredit untuk keluarga penghuni rumah.

Selain Bank BTN, ada pula Bank Mayapada yang optimis untuk masuk ke sektor bisnis kartu kredit di tahun ini. Bank Mayapada memang telah memulai kajian untuk masuk ke bisnis kartu kredit sejak tahun lalu. Tak heran bila mereka tahun ini sudah siap. Proses perizinan penerbitan kartu kredit sudah masuk ke Bank Indonesia.

Adapun tahap awal ini, Bank Mayapada menargetkan nasabah kartu kredit dari nasabah existing Bank Mayapada. Bank Mayapada memprediksikan ada sekitar 250.000 nasabah potensial Bank Mayapada untuk disasar produk kartu kredit terbaru mereka tersebut.

Bank ke-3 yang juga tertarik untuk mencicipi bisnis kartu kredit adalah Bank Jatim. Meski begitu, tak seperti dua bank sebelumnya yang telah merencanakan dengan jelas dan optimis, Bank Jatim justru belum melangkah jauh. Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha mengatakan bahwa pihaknya baru masuk ke tahap rencana dan belum menentukan jadwal pastinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.