BRI Kerjasama dengan KPPN Tanjungpandan Terbitkan Kartu Kredit Pemerintah

Dilansir dari Bangka Pos, Selasa 21 November 2017 kemarin, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah. Acara peluncuran kartu kredit tersebut diadakan di kantor Dirjen Perbendaharaan yang berada di Jalan Solihin GP Pangkalpinang.

Adapun kartu kredit pemerintah ini berhasil diluncurkan berkat kerjasama dengan Bank BRI. Pemerintah setempat patut berbangga diri karena Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan merupakan KPPN pertama dari 181 KPPN seluruh Indonesia, yang berhak menjajal kartu kredit pemerintah. KPPN Tanjungpandan merupakan KPPN yang berada di bawah Kanwil Dirjen Perbendaharaan Babel.

Supendi selaku Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa kecepatan KPPN Tanjungpandan menggunakan kartu kredit pemerintah ini berkat usaha kepala KPPN Tanjungpandan bersama BRI dalam mengurus kewajiban administrasi yang dibutuhkan.

Baca juga: BRI Luncurkan Kartu Kredit BRI Easy Card untuk Kaum Muda Milenial

Kemudian, Kartu Kredit Pemerintah pertama KPPN Tanjungpandan ini diterbitkan sebanyak tujuh kartu yang akan digunakan oleh kepala kantor, empat pejabat Eselon 3, bendahara dan pejabat pengadaan. Penerbitan kartu kredit Pemerintah ini bukan tanpa alasan, ia diharapkan mampu membuat semua transaksi pemerintahan dapat tercatat dengan baik sekaligus mensukseskan gerakan non tunai.

Transaksi penting seperti pembelian tiket perjalanan dinas, pemesanan kamar hotel, menjamu tamu, atau kegiatan kepentingan bisnis lainnya bisa menggunakan kartu kredit pemerintah tersebut. Adapun perbedaan kartu kredit pemerintah dengan kartu kredit biasa terletak pada plafon kartu kreditnya. Bila plafon kartu kredit biasa cenderung kecil-kecil, maka untuk kartu kredit pemerintah ini memiliki plafon sebesar Rp.70 juta bagi KPPN Tanjungpandan.

“Pemegang kartu kredit pemerintah tak perlu membawa uang Cash dan karena secara elektronik maka semua transaksi tercatat, otomatis akan timbul efisiensi pengeluaran pemerintah dan ada pengecekan distribusi uang melalui kerjasama dengan BRI,” jelas Supendi.

Nantinya, kartu kredit pemerintah juga akan digunakan oleh KKPN Kota Pangkalpinang dan Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: BRI Visa Touch: Kartu Kredit Terbaik Bebas Iuran Tahunan Selamanya

Langkah ini dinilai positif oleh Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bangka Belitung, Bayu Martanto. Ia mengatakan bahwa transaksi non tunai yang digalakkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi melalui jumlah konsumsi yang meningkat.

Kondisi saat ini minat transaksi non tunai di Indonesia sebesar 31%, masih sangat rendah dibanding negara-negara tetangga sebesar 5%.

“Ini (transaksi non tunai) akan terus kita dorong. Diinisiasi oleh Kanwil Dirjen Perbendaharaan semoga terus menggema dan menyebar kepada kepala instansi vertikal yang lain,” ujar Bayu Martanto.

(*Sumber: Bangka Pos).

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.