Sekretaris Pribadi Istri Jusuf Kalla Kemalingan, Laptop dan Kartu Kredit Hilang

Ines Sukandar, yang merupakan sekretaris pribadi dari istri Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, tengah mengalami musibah. Pasalnya, rumahnya yang berada di Perumahan Omah Regency, Pancoran, Jaksel, disambangi pencuri.

Dari aksi pencurian tersebut, Ines mengalami kerugian berupa laptop dan kartu kredit. Ines langsung melaporkan kasus pencurian tersebut ke Polsek Pancoran. Peristiwa yang terjadi pada hari Senin 7 Agustus 2017 jam 9 pagi tersebut sempat membuat Ines kaget lantaran melihat barang-barang yang ia letakkan di meja sudah berubah tata letaknya.

Ia semakin kaget karena melihat laptopnya sudah tidak ada di atas meja, bahkan handphone yang semula ada di samping tempat tidur juga sudah raib. Ines juga kehilangan sejumlah barang dari dompetnya, seperti kartu kredit.

Ines lantas bertanya ke pembantunya dan pembantunya menuturkan bahwa ia melihat seseorang masuk ke kamar Ines tapi tak mengetahui nama orang tersebut.

Bahayanya Kartu Kredit Hilang

Kartu Kredit, yang merupakan alat pembayaran, memang rawan dengan kejahatan. Meski sudah dilapisi keamanan tingkat tinggi, masih saja banyak kasus pembobolan kartu kredit. Nah, bila kartu kredit hilang anda perlu waspada, karena pencuri bisa menyalahgunakan beberapa informasi penting yang ada dalam wujud fisik kartu kredit, misalnya 16 digit nomor kartu kredit, masa berlaku kartu, dan CVV.

Lebih bahaya lagi bila si pencuri kartu kredit langsung menggunakannya untuk berbelanja dengan menggesek ke mesin EDC. Terkadang, kasir tidak menanyakan dengan detil informasi pemilik kartu dan asal menggesek kartu kredit. Apalagi transaksi kartu kredit di mesin EDC, tidak semua memakai PIN, kasir masih menawarkan tanda tangan. Verifikasi transaksi kartu kredit dengan tanda tangan di struk cenderung kurang aman, jelas lebih aman dengan PIN karena hanya si pemilik kartu yang tau PIN-nya.

Namun, sekali lagi sayangnya belum semua mesin EDC di Indonesia tegas menerapkan PIN. Masih banyak yang menerapkan verifikasi menggunakan tanda tangan saja. Mungkin transaksi di toko emas patut dicontoh, dimana kasir akan meminta KTP pemilik kartu kredit dan mencocokkan data di kartu kredit, syukur-syukur kalau foto di KTP juga diperiksa apakah sama dengan pemegang kartu kredit.

Nah, bila kartu kredit anda hilang, pilihkartu telah memberikan kiat-kiat yang harus dilakukan bilamana kartu kredit anda hilang di artikel Jika Kartu Kredit Anda Hilang, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.