Kartu Kredit “Siluman” Tiongkok Sukses Membobol Jepang

Kabar kurang menyenangkan datang dari dunia perbankan Jepang. Pasalnya, baru-baru ini kartu kredit siluman dari Tiongkok sukses membobol ATM di Jepang.  Para pemalsu kartu kredit yang bermarkas di Taiwan, sukses membuat tiruan dari kartu debit sekaligus kartu kredit China Union Pay (CUP). Lalu, menggunakan kartu kredit palsu ini untuk bertransaksi gesek tunai di ATM Jepang.

Sebagai dampaknya, beberapa ATM di Jepang sukses dibobol. Kelihaian para pemalsu kartu kredit ini terlihat dari banyaknya tempat dan nominal yang berhasil ditarik. Total kerugian yang harus ditanggung mencapai 15,7 juta yen.

Menarik dicatat, kartu kredit CUP merupakan salah satu kartu kredit terbaik keluaran Tiongkok. Dapat digunakan di 160 negara termasuk Jepang. Sekitar 80 ribu ATM di Jepang dapat diakses oleh kartu kredit CUP. Sehingga saat terjadi pembobolan ini, penjagaan ATM di Jepang pun diperketat. Dibantu oleh kepolisian Jepang, CUP Jepang mengantisipasi meluasnya praktik gesek tunai dengan kartu kredit palsu ini.

Sejak bulan Mei, proses penangkapan terus dilakukan. Beberapa anggota kawanan pemalsu kartu kredit ini berhasil dibekuk. Para kawanan  pemalsu kartu kredit ini tak hanya sukses membuat tiruan satu jenis kartu kredit saja, namun juga kartu kredit dari 20 bank lainnya. Kepolisian telah berhasil menyita 200 kartu kredit palsu dan menangkap satu demi satu para pelaku saat tengah beraksi di Jepang.

Hingga kini sudah empat orang anggota kawanan pemalsu kartu kredit yang berhasil ditangkap, salah satunya adalah CM (22 tahun). Ia ditangkap saat melakukan transaksi di area Shinagawa, Tokyo. Ia bersama dengan temannya berhasil menarik uang tunai sebesar 450.000 yen  dari beberapa tempat. Kala itu, ia menggunakan kartu kredit CUP palsu.

Kepolisan Jepang tengah menelusuri lebih lanjut jaringan sindikat pemalsu kartu kredit di Tiongkok, Taiwan, dan Jepang. Masih belum diketahui apakah kejahatan ini berkaitan dengan mafia Jepang (Yakuza) atau tidak. Hal ini berdasarkan catatan kepolisian yang menyebutkan bahwa di beberapa kasus pemalsuan, mafia Jepang turut terlibat.

Sumber: Tribunnews

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.