Kartu Kredit VS Kartu Debit, Mana yang Lebih Populer?

Di dunia pembayaran menggunakan kartu, publik mengenal kartu kredit dan kartu debit. Kartu kredit merupakan sistem pinjaman dari bank, sementara kartu debit bersumber dari dana di rekening si empunya kartu. Lalu, antara keduanya manakah yang lebih populer saat ini?

Di Indonesia, ada 110 lembaga yang menerbitkan kartu debit, sementara kartu kredit hanya ada 24 lembaga yang menerbitkannya, baik itu perbankan maupun institusi finansial lain non perbankan. Lalu bagaimana dengan jumlah pengguna kedua jenis kartu tersebut?

Kartu kredit mengalami pasang surut dalam perjalanannya, mulai dari tahun 2014 dimana jumlah pemegang kartu kredit ada di angka 16 juta, kemudian meningkat ke angka 16,8 juta kartu di tahun 2015, lalu terus menanjak ke angka 17,4 juta di tahun 2016. Menariknya, karena berbagai polemik yang ada, serta beberapa kebijakan mengenai kartu kredit yang sempat menghebohkan di sepanjang tahun 2016 hingga 2017, jumlah pemegang kartu kredit kemudian menurun drastis ke angka 16,9 juta per Juli 2017 ini. Meski tercatat tak meningkat malah menurun, masih ada kurun waktu 6 bulan dari Juli ke Desember untuk menghitung berapa jumlah final pemegang kartu kredit.

Meski tercatat mengalami penurunan jumlah pemegang kartu, kartu kredit malah mencatat kenaikan transaksi. Hingga akhir tahun 2017 nanti, nilai transaksi kartu kredit diprediksi akan meningkat. Tahun 2014, nilai transaksi kartu kredit senilai Rp 255,1 triliun, kemudian meningkat 30 triliun ke angka Rp280,5 triliun di tahun 2015. Tahun 2016 tidak begitu bagus karena peningkatan hanya kecil saja, nilai transaksi di tahun ini hanya Rp 281 triliun. Sementara itu per juli 2017 nilai transaksi kartu kredit berada di angka Rp170,5 triliun. Masih diperlukan data dari bulan Agustus 2017 hingga Desember 2017 nanti untuk mengetahui berapa nilai transaksi total kartu kredit selama setahun.

Kemudian, mari kita lihat kartu debit. Kartu debit mencatat kenaikan jumlah pemegang kartu tiap tahunnya. Tidak seperti kartu kredit yang berfluktuasi, kartu debit mencatat kenaikan yang konsisten tiap tahunnya. Tahun 2014, jumlah kartu debit yang beredar adalah 98,6 juta kartu, kemudian tahun 2015 naik menjadi 112,9 juta kartu debit, tahun 2016 naik lagi ke angka 127,8 juta, kemudian tembus angka 143,1 juta kartu debit per Juli 2017.

Untuk transaksi kartu debit, diprediksi meningkat juga dari tahun sebelumnya. Nilai transaksi kartu debit di tahun 2014 tercatat sebesar Rp 4.445 triliun, kemudian meningkat ke angka Rp 4.898 triliun di tahun 2015 dan menembus angka Rp5.624 triliun di tahun 2016. Per Juli 2017, nilai transaksi kartu debit sudah mencapai Rp 3.526 triliun.

(sumber data: http://bisnis.liputan6.com)

Menilai kepopuleran kartu debit dan kartu kredit dari segi pemegang kartu maupun nilai transaksinya memang cukup bisa memberikan gambaran akurat. Tapi perlu juga kita tahu faktor-faktor lainnya. Dari segi pemegang kartu maupun nilai transaksi, jelas kartu debit lebih unggul.

Hal tersebut tak lepas dari kemudahan mendapatkan kartu debit. Seseorang hanya perlu membuka rekening tabungan, lalu kemudian bank akan membuatkan kartu debit (yang juga berfungsi sebagai kartu ATM). Dengan menyetor sebesar minimal 500ribu rupiah, seseorang sudah bisa mempunyai rekening tabungan, dan mendapatkan kartu debit.

Untuk menjadi nasabah tabungan di suatu bank juga tak begitu sulit, yakni hanya menggunakan KTP dan mengisi formulir. Semua orang dari usia minimal 17 tahun bisa memiliki rekening tabungan, tanpa perlu syarat lainnya. Mari kita bandingkan dengan kartu kredit.

Untuk bisa memiliki kartu kredit, syaratnya cukup berat. Seseorang harus berusia minimal 21 tahun, memiliki pekerjaan tetap, memiliki penghasilan tetap minimal 3 juta rupiah, memiliki NPWP, dan beberapa syarat lainnya. Seseorang juga harus lolos tahap verifikasi dari analis bank untuk mendapatkan status approved. Maklum, kartu kredit merupakan jenis pinjaman, sehingga tak sembarang orang bisa mendapatkannya.

Nah, kamu sudah punya kartu debit? Coba bikin kartu kredit yuk! Cari kartu kredit yang cocok untuk kamu di pilihkartu.com!

 

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.