Kartu Kredit

Sistem kartu kredit adalah suatu jenis penyelesaian transaksi ritel (retail) dan sistem kredit, yang namanya berasal dari kartu plastik yang diterbitkan kepada pengguna sistem tersebut. Sebuah kartu kredit berbeda dengan kartu debit di mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Kebanyakan kartu kredit memiliki bentuk dan ukuran yang sama, seperti yang dispesifikasikan oleh standar ISO 7810.

Kartu Kredit dibuat untuk memudahkan transaksi pembayaran. Pengguna dapat menikmati kemudahan tersebut di berbagai macam merchant pembelanjaan yang bekerja sama dengan penyedia kartu kredit. Hal ini dapat menguntungkan pengguna ketika melakukan pembayaran, dan pembayaran menggunakan kartu kredit tersebut akan ditagihkan pada bulan berikutnya. Menarik bukan?

Namun bila anda tidak bijak menggunakannya, maka kartu kredit bisa merugikan anda. Anda akan terlilit hutang kartu kredit yang akan terus bertambah jika tagihan tidak segera Anda bayarkan. Lebih parahnya lagi, record transaksi Anda akan tercatat buruk di sistem checking Bank Indonesia.

Nah jika tagihan ini tidak segera Anda lunasi, maka bunga ber bunga akan masuk ke tagihan. Bunga kartu kredit bisa 3-4 kali lipat bunga kredit biasa. Perhitungannya bunganya pun cukup rumit, bisa-bisa dalam satu tahun bunga yang anda bayarkan besarnya sama dengan nilai barang yang anda beli. Pastinya Anda tidak menginginkan hal seperti ini terjadi kepada Anda bukan? Jika Anda tidak menginginkan hal seperti itu, maka Anda harus menjadi pengguna yang bijak. Gunakan kartu kredit dengan perhitungan keuangan yang matang, misalkan untuk pembelian apa saja, dan bagaimana cara untuk melunasinya.

 

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.