Kenalan Dengan Kartu Kredit UnionPay

Sobat sudah sering mendengar Visa, MasterCard, American Express (Amex) dan JCB bukan? Jika sudah pernah, tentu anda sudah tahu bedanya Visa, MasterCard, Amex, maupun JCB dengan BRI, BNI, Mandiri, BCA, dsb bukan?

Visa, MasterCard, Amex, maupun JCB adalah jaringan kartu kredit, sementara BRI, BNI, Mandiri, BCA, dsb merupakan bank penerbit kartu kredit. Bank di Indonesia umumnya menerbitkan kartu kredit dengan memakai jaringan kartu kredit Visa, MasterCard, Amex, ataupun JCB.

Jaringan kartu kredit yang merajai dunia internasional adalah Visa dan MasterCard, sementara JCB merajai wilayah Jepang dan wilayah Asia lainnya, meskipun sekarang sudah semakin merambah ke dunia Barat. Amex yang merupakan jaringan kartu kredit asal negeri Paman Sam tentu menjadi raja di negerinya sendiri, meski belakangan kartu kredit dengan brand Amex semakin banyak beredar juga di lingkup yang lebih luas.

Di antara keempat brand kartu kredit yang beredar di Indonesia, kini mulai muncul kartu kredit dengan brand baru, yakni UnionPay. Brand kartu kredit UnionPay merupakan brand asal Cina. Meski belum banyak dikenal di Indonesia karena memang belum banyak bank nasional di Indonesia yang mengadopsi brand ini, tetapi brand ini telah melanglangbuana di dunia Internasional.

Cina UnionPay tercatat melakukan progress besar-besar dalam usaha mengekspansi pengaruhnya ke dunia internasional. Meski terhitung masih muda dibanding dengan pendahulunya (Cina UnionPay didirikan pada tahun 2002), tetapi mereka berhasil menunjukkan performa yang baik. Perlu dicatat bahwa saat ini kartu kredit CUP digunakan di 104 negara di dunia.

VISA vs MasterCard, Pilih Mana?

Di Tiongkok/Cina, brand UnionPay merajai daratan terbesar di dunia ini. Di Indonesia, bank nasional yang telah menerbitkan kartu dengan brand UnionPay adalah kartu debit dan kartu ATM Bank Sinarmas. Pemegang kartu dari Bank Sinarmas dengan brand CUP akan bisa melakukan tarik tunai dan belanja di ATM atau merchant berlogo UnionPay yang terdapat di seluruh dunia.

Keuntungan dari kartu dengan brand Cina UnionPay?

Jika anda bepergian ke Tiongkok, maka anda akan dapat menggunakan kartu Cina UnionPay, ini karena sebagian besar toko, restoran, dan mall menerima. Sementara kartu kredit dari brand lain biasanya hanya diterima oleh merchant-merchant yang terhitung besar saja.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.