Kenali Over Limit Kartu Kredit

Dunia kartu kredit, ternyata memiliki banyak biaya-biaya tersembunyi yang perlu kita ketahui, mulai dari bunga kartu kredit, surcharge fee, cross border fee, dan lain-lain. Di samping semua istilah dalam kartu kredit yang pernah kita pelajari di artikel-artikel sebelumnya, masih ada lagi istilah penting yang perlu kita ketahui, yaitu over limit kartu kredit.

Baca juga: Cross Border Fee, Biaya Tak Terlihat yang Muncul di Lembar Tagihan

 

Apa sih over limit kartu kredit itu?

Dari istilahnya saja kita mungkin sudah bingung, ‘apa sih over limit kartu kredit itu?’. Over limit kartu kredit adalah keadaan dimana pemegang kartu kredit telah menggunakan kartu kreditnya melewati batasan limit yang diperbolehkan pada kartu kredit miliknya.

Nah, dari sini mungkin anda juga semakin bingung, ‘kok bisa over limit kartu kredit?’. Baiklah, yang perlu anda ketahui di sini adalah, bahwa yang dimaksud dengan over limit itu bukan berdasarkan pemakaian kartu kredit, tetapi berasal dari penghitungan sisa saldo tagihan terhutang dari transaksi-transaksi bulan sebelumnya.

Jadi, semisal anda bulan Januari 2016 menggunakan kartu kredit sebesar4 juta, kemudian saat tagihan datang anda hanya membayar tagihan sebesar 3 juta saja, maka akan ada sisa saldo tagihan anda adalah 1 juta.

Di bulan Februari, anda kembali menggunakan kartu kredit anda sebesar batas limit kartu kredit anda, yaitu 4 juta, padahal anda masih memiliki sisa saldo tagihan terhutang di bulan sebelumnya sebesar 1 juta. Di sini anda dinilai telah over limit, karena limit anda hanya 4 juta tetapi anda memakainya hingga 5 juta (4 juta di bulan Februari dan 1 juta sisa saldo tagihan di bulan Januari).

Apakah ada biaya over limit kartu kredit?

Jawabannya tentu saja ada! Ada biaya yang dikenakan setiap pemakaian kartu kredit anda mengalami over limit. Biaya over limit tiap kartu kredit tentu berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing bank penerbit kartu kredit tersebut.

Tetapi, rata-rata biaya over limit ini adalah sebesar Rp 50.000 atau 5% dari kelebihan limit, tergantung mana yang lebih besar. Maksud dari pernyataan tersebut adalah, bila over limit anda nilainya rendah, misal limit kartu kredit anda 4 juta, dan over limit anda 10.000, maka biaya over limitnya adalah Rp50.000.

Baca juga: Menggunakan Kartu Kredit Orang Lain untuk Transaksi?

 

Namun, bila limit anda 4 juta, dan nilai over limitnya 2 juta, maka biaya over limitnya adalah 2 juta x 5%= 100.000. nah, sampai di sini anda sudah paham bukan mengenai mekanisme penghitungan biaya over limit kartu kredit?

28 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.