Komplotan Pembobol Kartu Kredit yang Gasak 1M Ditangkap Polisi

Baru-baru ini Polisi menangkap R dan D, dua tersangka pembobol kartu kredit yang berhasil menggasak limit kartu kredit hingga 1 milyar lebih. R dan D terbilang unik dalam melaksanakan aksinya karena mereka mampu menggasak limit kartu kredit dengan bermodalkan aplikasi internet banking.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan penangkapan kedua tersangka berawal dari laporan seorang nasabah bank yang mengaku mengalami kerugian hingga mencapai Rp1,11 miliar akibat kartu kreditnya dipakai orang tak dikenal.

Pelapor mengaku sebagai nasabah sebuah bank dan memiliki tabungan di sana. Pelapor kemudian menyadari tabungannya berkurang padahal tidak melakukan transaksi apapun. Kemudian, setelah ditelusuri ternyata kartu SIMcard yang sudah lama tidak aktif milik si pelapor diketahui aktif kembali.

Kartu SIMcard tersebut diketahui terhubung dengan internet banking pelapor. Para tersangka memanfaatkan kartu SIMcard yang telah lama nonaktif tersebut, untuk diaktfikan kembali. Internet banking pelapor yang juga nonaktif kemudian kembali aktif. Pelaku lantas menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian secara online.

Kedua tersangka R dan D saling berbagi tugas. R bertugas untuk mencari data nasabah yang akan menjadi target, kemudian D bertugas untuk membuat rekening baru sebagai tempat menampung hasil pembobolan rekening dan kartu kredit.

 

Kedua tersangka berhasil diringkus polisi di daerah Palembang, Sumatera Selatan, tapi keduanya berada di dua lokasi berbeda saat ditangkap. Tersangka D bahkan diketahui sempat melakukan perlawanan menggunakan senjata api rakitan.

Atas perbuatannya kedua tersangka dijerat Pasal 362 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun.

Baca juga:

Aman Dalam Berkartu Kredit? Lakukan 3 Kebiasaan Baik Ini!

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.