Korea Selatan, Negara di Mana Kartu Kredit Dilarang Ditolak

Di artikel pilihkartu.com sebelumnya, disebutkan bahwa Korea Selatan adalah negara dengan penggunaan kartu kredit tertinggi di dunia. Mengapa demikian?

Baca juga: 4 Negara dengan Penggunaan Kartu Kredit Terbanyak di Dunia

Perkembangan Kartu Kredit yang Sangat Pesat

Sejak tahun 1990-an, perkembangan kartu kredit di Korea Selatan menuju arah yang positif. Antara tahun 1990 hingga tahun 2002, pemegang kartu kredit di Korea Selatan naik hingga 10 kali lipat, yakni dari 10 juta hingga 100 juta. Rata-rata per orang di Korea Selatan memegang 4 kartu kredit.

Hingga pada tahun 2012, berdasarkan data dari Bank of Korea, Korea Selatan dinobatkan sebagai negara dengan penggunaan kartu kredit tertinggi di dunia, yakni sebesar 129,7. Angka ini diklaim mengalahkan jumlah transaksi kartu kredit di negara asal kartu kredit, Amerika Serikat, yang hanya bertengger di angka 77,9 transaksi kartu kredit per orang pada tahun 2011. Kanada pun hanya berhasil mengungguli Amerika Serikat di posisi kedua dengan jumlah 89,6 transaksi kartu kredit per orang.

Baca artikel lain: Ini Dia Sejarah Munculnya Kartu Kredit di Dunia

Tingginya Tingkat Penetrasi Kartu Kredit di Korea Selatan

Menurut data yang lebih baru, yakni di tahun 2014, sekitar 51% total transaksi penjualan dilakukan dengan kartu kredit. Angka tersebut dinilai yang paling tinggi di antara 7 negara dengan ekonomi terbesar. Di peringkat kedua, diduduki Kanada dengan total transaksi penjualan melalui kartu kredit sebesar 41%, diikuti Amerika Serikat dan Australia.

Begitu tingginya penetrasi kartu kredit di Korea Selatan terjadi karena banyak faktor. Salah satunya adalah karena Korea Selatan dikenal sebagai negara dengan kecanduan belanja yang luar biasa. Tak heran bisnis fashion online, e-commerce, kartu kredit, dan internet tumbuh subur di negeri ginseng tersebut.

Daya Tarik Dunia Fashion Online yang Luar Biasa

Fashion menjadi daya tarik bagi masyarakat Korea Selatan dan internet dengan kecepatan super tinggi menjadi faktor utama orang Korea Selatan suka berbelanja online. Kombinasi dari perkembangan fashion yang luar biasa dengan fasilitas internet kecepatan tinggi melahirkan bisnis fashion online yang menggembirakan. Hal ini dengan sendirinya akan berimbas pada penggunaan kartu kredit yang juga meningkat.

Penolakan Transaksi melalui Kartu Kredit adalah Ilegal

Saking biasanya, penggunaan kartu debit maupun kartu kredit sebagai alat pembayaran sudah sangat lumrah di Korea Selatan. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa ‘ilegal bagi setiap merchant di Korea Selatan untuk menolak kartu kredit’ untuk transaksi item yang harganya rendah sekalipun. Taksi di Korea Selatan bahkan memiliki mesin gesek untuk pembayaran menggunakan kartu kredit.

Baca artikel lain: Cuma Modal Kartu Kredit, Bisa Investasi?

Minimum pembayaran transaksi dengan menggunakan kartu kredit hanya sebesar 1000 won atau sekitar 7000-9000 IDR. Cara verifikasi pembayaran transaksi melalui kartu kredit di merchantmerchant juga terbilang canggih. Di Indonesia, umumnya kita diminta menandatangani struk yang keluar dari mesin EDC, tapi di Korea Selatan, tanda tangan dilakukan di sebuah layar sentuh menggunakan pen magnetik.

Tak salah, segala kemudahan ini menjadikan Korea Selatan sebagai negara dengan pengguna kartu kredit tertinggi di dunia. Didukung industri fashion-nya yang betul-betul meluas bak jamur di musim hujan, kartu kredit makin ramah diterima.

Nah, Indonesia kapan ya bisa seperti itu? Semoga nantinya Indonesia pun bisa mengurangi transaksi tunai dan menggalakkan transaksi non tunai ya^^.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.