Demi Balas Dendam, Pacar Kuras Limit Kartu Kredit

Seorang wanita asal Florida, AS terpaksa diamankan polisi setempat karena ketahuan menguras limit kartu kredit sang pacar. Serina Wolfe (24 tahun) mencuri kartu kredit pacar dan menggunakannya untuk memberikan tip yang sangat besar kepada pelayan restoran Clear Sky Cafe di Clearwater Beach.

Kejadian bermula dari pertengkaran Serina dan sang pacar. Usai bertengkar, Serina mengambil kartu kredit sang kekasih dan menggunakan limitnya hingga sekira 70 juta rupiah. Tentu saja sang kekasih yang mengetahui hal ini tidak tinggal diam. Ia lantas melaporkan Serina dengan tuduhan pencurian.

Adapun sang pelayan restoran yang menerima tip sebesar USD 5000 mengira Serina merupakan orang yang sangat dermawan. Sang pelayan tak menyangka sama sekali kalau wanita yang ia kira dermawan tersebut ternyata sedang bertengkar dengan pacarnya. Ia juga tak mengira kalau kartu kredit yang dipakai untuk memberikan tip besar adalah kartu kredit pacar sang wanita.

Sang kekasih yang apes kartu kreditnya dipakai adalah Michael Crane. Michael melaporkan Serina ke polisi atas kelakuannya tersebut. Michael mengemukakan alasan pertengkaran mereka berdua adalah karena ia menolak membelikan Serina tiket pesawat ke New York.

Di tengah pertengkaran, Serina diam-diam mengambil kartu kredit Michael dan menggunakannya. Saat menerima total tagihan betapa kagetnya Michael karena tertera jumlah pemakaian yang cukup besar. Michael kemudian melaporkan bahwa transaksi USD 5000 di kartu kreditnya merupakan transaksi yang tidak dilakukannya.

Akan tetapi, pihak restoran mengatakan bahwa uang tersebut sudah masuk ke dalam rekening mereka. Serina yang awalnya berbohong akhirnya mengakui perbuatannya. Atas tindakan cerobohnya ini tentu Serina diganjar hukuman penjara.

Serina didakwa dengan tuduhan melakukan pencurian tingkat tiga dan tindak pidana. Untuk menebus kesalahannya, Serina harus ditahan dan membayar denda kurang lebih USD 1000 atau sekira Rp 14 juta.

 

Tips Aman Supaya Kartu Kredit Tidak Disalahgunakan Orang Lain

Kejadian di atas tentu membuat kita menyadari bahwa mudah sekali kartu kredit digunakan orang. Dalam kasus di atas tidak jelas apakah Serina mengetahui PIN kartu kredit sang kekasih atau tidak. Bahkan tidak diketahui apakah mesin EDC di restoran tersebut mewajibkan PIN bagi pembayaran dengan kartu kredit atau tidak.

Di Indonesia sendiri penggunaan PIN kartu kredit sudah makin marak. Mesin-mesin EDC di Indonesia juga masih menerima tanda tangan meskipun sudah kompatibel dengan PIN kartu kredit. Artinya, di Indonesia para pemegang kartu kredit kalau membayar transaksi di mesin EDC sudah pasti ditawari oleh kasir “mau pakai PIN atau tanda tangan?”.

Nah kalau di Luar Negeri, belum tentu semua seperti itu. Beberapa mungkin masih menggunakan tanda tangan. Kelemahan tanda tangan tentu saja keamanan. Siapapun yang memegang kartu kredit lebih mudah menggunakan kartu kredit tersebut meskipun ia bukan pemiliknya. Seperti Serina yang menggunakan kartu kredit pacarnya, bahkan dengan transaksi yang cukup besar dan tidak dicurigai.

Bila sudah menggunakan PIN kartu kredit, maka jangan sampai orang lain mengetahui PIN tersebut. Ini supaya orang lain tidak bisa sembarangan menggunakan kartu kredit anda meskipun ia memegangnya. Itu dia sedikit tips untuk menjaga kartu kredit tetap aman dalam genggaman.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.