Kurban Idul Adha dengan Cicilan Kartu Kredit? Bisa!

Mungkin tak sedikit yang mempertanyakan, bisakah berkurban dengan menggunakan kartu kredit? Padahal kartu kredit sendiri sering dikatakan tak sejalan dengan ajaran syariah di agama Islam. Nah, untuk ini mari kita lihat pelan-pelan.

Idul Adha sendiri kurang lebih berarti menyembelih hewan kurban (sapi, kambing, atau unta) dengan niatan untuk beribadah kepada Allah SWT. Kurban hukumnya sunnah bagi mereka yang mampu, bila tidak mampu maka tidak apa-apa.

Perintah berkurban datang dari kisah ketaatan Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Ismail AS. Kala itu, meski dengan berat hati, Nabi Ibrahim AS melaksanakan perintah Allah SWT tersebut. Ismail sebagai anak yang taat pada orangtua nya juga rela. Saat kejadian penyembelihan, Ismail yang hendak disembelih digantikan seekor kambing dengan pertolongan Allah SWT.

Apakah Boleh berkurban dengan hutang kartu kredit?

Berkurban dengan hutang sendiri pernah dilakukan oleh seorang ulama salaf Abu Hatim. Alasan beliau adalah karena ingin tetap menjalankan perintah Allah SWT, ia ingin mendapatkan kebaikan dari hewan sembelihan pada kurban.

Tidak ada dalil yang secara tegas melarang berkurban dengan hutang. Dengan catatan, yang bersangkutan mempunyai penghasilan dan sanggup melunasi hutangnya tersebut. Kalau punya banyak hutang, tentu saja lebih baik melunasi hutang-hutangnya dulu sebelum berhutang untuk kurban.

Di Jaman Modern, Kartu Kredit Syariah Sediakan Program Cicilan untuk Kurban

Nah, di jaman modern sekarang ini, kehadiran kartu kredit syariah cukup membantu masyarakat dengan gaya hidup syariah. Termasuk untuk masyarakat yang ingin berkurban dengan menggunakan kartu kredit. Bahkan kartu kredit menyediakan program cicilan kartu kredit untuk kurban.

Berkurban dengan cara hutang kartu kredit, selama tidak ada bunga yang diberlakukan tidak apa-apa. Kartu kredit syariah merupakan kartu kredit yang tidak memberlakukan bunga dalam akad-nya.

Selain itu, program berkurban dengan kartu kredit juga mewajibkan peserta program untuk melunasi cicilannya sebelum hari raya Idul Adha tiba. Meski begitu kebijakan tersebut juga tergantung dengan bank masing-masing penyelenggara.

Program Kurban dari kartu kredit BNI Syariah dan Quis Daarul Quran

Kartu kredit BNI Syariah yang biasa disebut Hasanah Card mengadakan program cicilan kartu kredit bagi pembelian hewan kurban. Program ini tersedia dengan tenor 3 bulan dan 12 bulan. Program kurban dengan cicilan kartu kredit dari BNI Hasanah Card ini bekerjasama dengan Quis Daarul Quran.

Detil program seperti di bawah ini:

  1. Harga 1 ekor kambing: Rp 2.600.000
  2. Cicilan per bulan Rp 216.700 selama 12 bulan
  3. Harga 1 ekor sapi: Rp 18.200.000
  4. Cicilan per bulan Rp 1.517.000 selama 12 bulan
  5. Khusus untuk pemegang kartu kredit iB Hasanah Card BNI Syariah
  6. Berlaku mulai 1 Maret hingga 2 Agustus 2019
  7. Pemesanan melalui BNI Call Center 1500046 dan Telesales

Program Kurban dari kartu kredit BNI Syariah dan Rumah Zakat

Rumah Zakat dan kartu kredit iB Hasanah Card juga menyediakan program kurban dengan cicilan kartu kredit. Detil program seperti terlihat di bawah ini:

  1. Harga 1 ekor kambing: Rp 2.475.000
  2. Harga 1 ekor sapi ritel (patungan 1 sapi untuk 7 orang) Rp 2.675.000 per orang
  3. Harga 1 ekor sapi: Rp 17.250.000
  4. Cicilan selama 3 bulan
  5. Khusus untuk pemegang kartu kredit iB Hasanah Card BNI Syariah (Classic, Gold, dan Platinum)
  6. Berlaku mulai 1 Maret hingga 2 Agustus 2019
  7. Pemesanan melalui BNI Call Center 1500046 dan Telesales
  8. Pekurban akan dapat hak kurbannya dalam bentuk kornet kalengan 90 hari setelah pemotongan hewan kurban.

Program Kurban dari kartu kredit CIMB Niaga Syariah dan Rumah Zakat

  1. Dapatkan cashback Rp 200.000 untuk pembelian kambing dan sapi ritel, sedangkan untuk sapi utuh dapat cashback Rp 300.000
  2. Harga sapi utuh Rp 17.250.000 per ekor, sapi ritel Rp 2.675.000, dan kambing Rp 2.475.000 per ekor.
  3. Program cashback berlaku untuk transaksi kartu kredit CIMB Niaga Syariah Gold dan Platinum. Syaratnya melakukan pembayaran secara penuh
  4. Berlaku sampai dengan 11 Agustus 2019
  5. Pendaftaran melalui CIMB Niaga 14041 atau Call Center Rumah Zakat 0804 100 1000.

Gimana tertarik untuk berkurban dengan kartu kredit? Tentunya pembayaran dengan kartu kredit akan mempermudah karena prosesnya aman, cepat, dan mudah.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.