Lilianni, Belanja Puluhan Juta dengan 25 Kartu Kredit Curian

Lilianni (33 tahun), seorang ibu rumah tangga yang terpaksa mendekam di tahanan karena mencuri 25 kartu kredit. Tak hanya mencurinya, Lilianni juga menggunakan kartu kredit curian tersebut untuk berbelanja barang-barang mewah senilai puluhan juta.

Lilianni mencuri 25 kartu kredit milik korban (Susan Taruna, 54 tahun) saat berkaraoke bersama di sebuah tempat karaoke di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara. Hingga karaoke selesai, korban tidak mengetahui bila 25 kartu kreditnya hilang.

Korban baru mengetahui kartu kreditnya hilang ketika menerima pesan dari bank penerbit kartu kreditnya (Bank Danamon), mengenai adanya transaksi melalui kartu kreditnya. Dari situ, korban merasa tidak pernah melakukan transaksi di Summarecon Mall Serpon, Tangerang Selatan, dengan nominal transaksi sebesar 31,8 juta rupiah.

Korban kemudian menyadari kalau 25 buah kartu kreditnya hilang dan segera melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Polisi langsung bertindak untuk menyelidiki. Hasil penyelidikan polisi didapati bahwa transaksi dengan kartu kredit curian oleh pelaku ada di 5 tempat berbeda. Identitas pelaku pencurian kartu kredit berhasil diketahui setelah si pelaku melakukan transaksi pembelian handpone di salah satu toko, ini karena si pemilik toko mengambil foto KTP pelaku.

Polisi berusaha mendatangi rumah pelaku tapi tak pernah menemukan pelaku berada di rumah. Oleh karena itu, polisi menjebak pelaku dengan meminta bantuan teman korban. Teman korban mengajak pelaku untuk karaoke bersama, dan disitulah polisi menangkap si pelaku.

Pelaku kemudian mengakui bahwa dirinya mencuri 25 kartu kredit milik Susan dan menggunakannya untuk berfoya-foya dan membeli barang-barang mewah seperti tas, gelang, emas, handphone, serta pakaian.

Baca juga: Promo Voucher Diskon Belanja Zalora 2017

Dari kejadian di atas penting sekali untuk menjaga kartu kredit kita dengan ekstra hati-hati, terutama karena kejahatan dalam berkartu kredit ada bermacam-macam.

Beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjaga kartu kredit adalah:

  1. Tidak sembarang dalam menaruh kartu kredit

    Pastikan kartu kredit anda ada dalam tempat yang aman dan dalam pengawasan anda bila anda membawanya bepergian.

  2. Bawa kartu kredit secukupnya

    Berkaca dari kasus di atas, korban kehilangan 25 kartu kreditnya. Itu adalah jumlah yang sangat besar sekali dan sangat berbahaya bila dibawa semua ketika bepergian. Jika bepergian, usahakan untuk membawa secukupnya atau sebutuhnya saja.

  3. Berlangganan SMS Banking

    Beberapa kartu kredit memfasilitasi pemegang kartunya untuk bisa berlangganan layanan SMS. Layanan SMS ini meliputi pengecekan tagihan, pembayaran tagihan, hingga notifikasi bila ada transaksi menggunakan kartu kredit anda.
    Dengan demikian, bila ada transaksi mencurigakan, anda akan mengetahuinya lewat SMS dan bisa segera melapor bila transaksi tersebut tidak sah dilakukan oleh anda.

  1. Lapor jika ada indikasi kejahatan

    Bila anda menemukan bahwa transaksi yang diberitakan lewat SMS tersebut bukan anda yang melakukan, segera laporkan hal tersebut ke bank penerbit kartu kredit dan ke polisi.

Yuk, lebih berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.